Buntut Risma Marah di Gorontalo, Gubernur Rusli Habibie Tersinggung, Minta Presiden Evaluasi Mensos

Rusli Habibie meminta secara khusus kepada Presiden Jokowi untuk mengevaluasi Menteri Sosial Tri Rismaharini.

KOMPAS.COM/SALMAN HUMAS PEMPROV GTO
Gubernur Gorontalo, Rusli habibie 

TRIBUNMADURA.COM - Aksi Risma marah pada petugas PKH Gorontalo saat rapat membahas distribusi bantuan sosial atau bansos bersama sejumlah pejabat Provinsi Gorontalo memantik keresahan Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie.

Buntut aksi Risma marahi petugas PKH Gorontalo, Rusli Habibie meminta secara khusus kepada Presiden Jokowi untuk mengevaluasi Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Rusli Habibie menilai, evaluasi tersebut perlu dilakukan Presiden Jokowi karena Risma selalu emosional dalam banyak kesempatan.

Apalagi aksinya baru-baru ini ketika rapat bersama pemerintah provinsi dan kabupaten/kota Gorontalo terkait pemadanan data mengenai penerima bansos.

Ketika itu, Risma marah-marah sambil menunjuk-nunjuk kepada seorang pendamping Program Keluarga Harapan atau PKH dengan sangat emosional.

Tak hanya itu, bahkan sempat terlontar kata 'tembak' dari mulut Risma yang ditujukan kepada petugas pendamping PKH tersebut.

Baca juga: Kronologi Mensos Risma Marahi Petugas PKH Gorontalo, Dipicu Data PKH hingga Ucapan Tak Tembak Kamu

“Tolonglah, mumpung Pak Presiden juga bisa lihat di Youtube, di mana-mana karena sudah ribut. Memperingati stafnya karena seperti itu,” kata Rusli seusai menghadiri acara Survei Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Pemerintah bertempat di Hotel Maqna, Jumat (1/10/2021).

Rusli mengaku merasa tersinggung dengan sikap Risma yang marah-marah kepada warganya.

Gubernur Rusli menilai sikap Mensos Risma tidak patut ditiru.

Alasannya, karena selain sebagai seorang ibu, Risma juga merupakan seorang pejabat publik yang mengemban amanah sebagai Menteri Sosial

Menurut Rusli sikap Risma yang kerap marah-marah telah memberikan contoh buruk, bagaimana seorang pejabat negara bersikap.

“Saya saat melihat video itu sangat prihatin. Saya tidak memprediksi seorang ibu menteri, sosial lagi, memperlakukan seperti itu. Contoh yang tidak baik,” ucap Rusli.

Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie
Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie (Pemprov Gorontalo)

Ia kemudian mengingatkan Risma untuk menjaga sikap di depan rakyat. Terlebih, ketika berkunjung ke kampung orang.

“Pangkat, jabatan harus kita jaga. Tidak ada artinya pangkat ini semua kita tinggalkan. Kalau pun toh dia salah ya dikoreksi, di depan umum lagi,” ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Kompas TV
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved