Breaking News:

Gunung Semeru Erupsi

Para Relawan Terus Lakukan Pencarian dan Evakuasi Korban Erupsi Gunung Semeru

Selain fokus utama mencari jasad korban erupsi, proses evakuasi ini juga melibatkan relawan Animals Hope Shelter

Penulis: Tony Hermawan | Editor: Samsul Arifin
TRIBUNMADURA.COM/TONY HERMAWAN
Relawan Nasdem dan Animals Hope Shelter saat melakukan penyelamatan kucing di lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru. 

TRIBUNMADURA.COM, LUMAJANG - Tim SAR gabungan terus malakukan pencarian terhadap korban Erupsi Gunung Semeru

Setiap pagi, mulai pukul 05.00, di bawah koordinasi BASARNAS, mereka menyisir lokasi-lokasi tambang pasir. Sebab diduga masih banyak jasad korban erupsi terjebak lava di sana.

Raditya, salah satu relawan evakuasi mengatakan, pagi ini (16/12) tim penyelamat lebih leluasa melakukan pencarian karena cuaca cerah. Ia berharap, di hari terakhir masa operasi SAR semua korban hilang bisa ditemukan.

"Kan ada 36 korban yang masih belum ditemukan, semoga bisa ketemu semua hari ini," kata Radit relawan SAR Barisan Reaksi Cepat (Baret) Gerakan Pemuda NasDem.

Selain fokus utama mencari jasad korban erupsi, proses evakuasi ini juga melibatkan relawan Animals Hope Shelter. Itu merupakan komunitas yang fokus pada perlindungan dan penyelamatan hewan.

Baca juga: Siswa Se Kabupaten Bangkalan Sisihkan Uang Saku untuk Korban Erupsi Gunung Semeru, ini Jumlahnya

"Cukup salut dengan teman-teman dari AHS ini, mereka sudah menyiapkan kandang dan makanan selama proses evakuasi. Alhasil setelah ditemukan hewan seperti kucing, sudah siap dibawa dan diselamatkan, tim relawan," imbuhnya.

Hingga hari ini, jumlah korban meninggal 48 jiwa. David Handoko Seto, Ketua Garda Pemuda (GP) NasDem Jember mengungkapkan Baret GP NasDem akan terus membantu proses pencarian korban erupsi. Tim akan ditarik mundur setelah ada keputusan operasi SAR ditutup.

"Sampai instruksi lebih lanjut dari pihak berwenang terkait tentunya. Selain itu bantuan bahan pokok untuk korban di pengungsian juga masih berjalan di bawah koordinasi DPD Partai NasDem Kabupaten Lumajang," tandas Anggota Fraksi NasDem DPRD Jember ini.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved