Breaking News:

Berita Surabaya

Kata Ketua IKA PMII Jatim, Deretan Politisi Bakal Bersaing di Forum Muswil

Ketua PW IKA PMII Jawa Timur, KH Amin Said Husni menyatakan forum Muswil II memang diantara agendanya adalah pemilihan ketua untuk periode mendatang

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Samsul Arifin
TRIBUNMADURA.COM/YUSRON NAUFAL PUTRA
Suasana pembukaan forum Muswil II IKA PMII Jatim yang berlangsung di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu (9/1/2022). 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Sejumlah politisi terus menghiasi suksesi Ketua IKA PMII Jatim dalam forum Muswil II yang akan berlangsung selama dua hari hingga, Senin (10/1/2022). Peluangnya dikabarkan cukup besar lantaran dukungan secara internal juga bermunculan. 

Deretan politisi yang muncul diantaranya Bupati Lumajang Thoriqul Haq, Wakil Ketua DPRD Jatim Anwar Sadad, Anggota DPD RI Ahmad Nawardi, bahkan nama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa beberapa waktu lalu juga muncul. 

Ketua PW IKA PMII Jawa Timur, KH Amin Said Husni menyatakan forum Muswil II memang diantara agendanya adalah pemilihan ketua untuk periode mendatang. 

Dia tak memungkiri, dalam Muswil II yang berlangsung di Bangkalan ini banyak figur yang telah menyatakan minat untuk dicalonkan. Termasuk kalangan politisi yang sejauh ini terus muncul di bursa ketua. 

"Calon yang menyatakan minatnya untuk muncul menjadi kandidat di acara Muswil ini, banyak sekali," katanya saat ditemui seusai pembukaan Muswil II di Gedung Negara Grahadi, Minggu (9/1/2022). 

Amin Said Husni menyebut dalam forum Muswil, afiliasi politik dipastikan tidak berpengaruh. Sekalipun para kandidat yang muncul merupakan tokoh dari lintas partai politik atau bahkan petinggi partai.  

Baca juga: Muswil IKA PMII, Gubernur Khofifah Ingatkan Pekerjaan Rumah dan Optimalisasi Peran

Misalnya Anwar Sadad, Wakil Ketua DPRD Jatim itu juga merupakan Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Timur. Termasuk Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, yang juga merupakan politisi PKB. 

Namun, dia memastikan tekad pihaknya bahwa IKA PMII Jatim merupakan rumah seluruh kader dari berbagai latar belakang. Sehingga cantolan politik itu bukan merupakan hal yang menjadi ukuran. 

"Menjadi rumah bagi semua kader yang tersebar di berbagai profesi termasuk profesi di bidang politik. Sehingga, kami tidak memperhatikan afiliasi politiknya," ujarnya menambahkan. 

Terkait mekanisme pemilihan Ketua dalam forum Muswil, Amin Said Husni menyatakan pihaknya mengutamakan musyawarah mufakat. Sebab menurutnya, itu menjadi tradisi baik yang perlu diutamakan terlebih dahulu. 

"Musyawarah mufakat merupakan bagian dari tradisi luhur kita, kalau bisa dicapai tentu akan menjadi lebih baik," tandasnya. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved