MotoGP

Lintasan Sirkuit Mandalika Disebut Kotor, Mantan Rival Rossi Sebut Normal, Malah Banyak yang Takjub

Tes pramusim MotoGP 2022 hari pertama di Sirkuit Madalika, Lombok, telah digelar pada Jumat (11/2/2022), dengan diikuti 24 pebalap

Editor: Samsul Arifin
TribunLombok.com/Sirtupillaili
Pembalap World Superbike saat hendak masuk ke trek balap Sirkuit Mandalika usai melakukan free practice sesi pertama, Jumat (19/11/2021). 

TRIBUNMADURA.COM - Disebut kotor, ini tanggapan dari Race Direction Representative Dorna Sports, Loris Capirossi, soal kondisi lintasan Sirkuit Mandalika di hari pertama tes pramusim MotoGP

Tes pramusim MotoGP 2022 hari pertama di Sirkuit Madalika, Lombok, telah digelar pada Jumat (11/2/2022), dengan diikuti 24 pebalap.

Satu hari menjelang tes pramusim MotoGP digelar, hujan melanda Sirkuit Malandika selama semalaman.

Akibatnya, kondisi lintasan menjadi kotor berdebu, berlumpur, dan banyak kerikil pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika.

Kondisi lintasan yang kotor sempat membuat uji coba harus dihentikan sementara. Setelah lintasan Sirkuit Mandalika dibersihkan selama lebih dari satu jam, tes pramusim MotoGP 2022 pun bisa digelar.

Kejadian ini dilaporkan telah membuat beberapa pebalap melakukan protes kepada Dorna Sports. Meski begitu, Loris Capirossi selaku perwakilan dari Dorna Sports, menilai, kondisi lintasan Sirkuit Mandalika yang kotor pada hari pertama tes MotoGP adalah sebuah hal wajar.

Baca juga: MotoGP di Sirkuit Mandalika Bakal Berjalan Sengit, Cocok dengan Karakter Suzuki dan Yamaha?

Mantan rival Valentino Rossi itu memaklumi apabila terdapat sejumlah kendala selama tes hari pertama. "Soal treknya, normal pertama kalinya sedikit kotor karena tidak ada yang membalap sebelum kami," kata Capirossi, dilansir melalui BolaSport.com dari Antaranews.

"Saat ini, tidak terlalu masalah karena ini baru tes, kami punya waktu untuk membersihkannya dan mengatur segalanya."

"Namun, kami harap mulai besok dan Minggu, kondisi treknya bagus untuk pengujian dan semuanya." "Tapi bagaimana pun juga untuk trek baru, hal seperti itu normal," tutur Capirossi menambahkan.

Capirossi menjadi salah satu perwakilan Dorna Sports saat meninjau pembangunan Sirkuit Mandalika. Mantan pebalap MotoGP itu juga terlibat dan mengawasi secara aktif pembangungan sirkuit yang berlokasi di Nusa Tenggara Barat tersebut.

Setelah lintasan dipakai untuk Tes Pramusim MotoGP 2022, Capirossi mengaku terkesan dengan wujud Sirkuit Mandalika. "Saya sangat terkesan dengan pekerjaan yang telah diselesaikan, lay out treknya semua orang suka, para pebalap menikmatinya," ucap Capirossi.

"Semua pekerjaan yang dilakukan sepanjang tahun sangat baik, kami sangat senang kembali ke Indonesia." "Ini sangat penting bagi kami, bagi market, dan kami tahu Indonesia mempunyai banyak fans, dan senang rasanya bisa ke sini lagi," ucap dia lagi.

Soal homologasi lintasan, Capirossi juga menilai Sirkuit Mandalika telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh FIM.

"Treknya sudah dihomologasi, tidak masalah lagi karena semua tingkat keamanan sangat tinggi, sangat bagus, kami sangat senang dengan kontruksinya, tentang keamanan, tentang semuanya. Untuk homologasi tidak ada masalah," ungkap pria Italia itu. Adapun jadwal tes pramusim MotoGP 2022 di Mandalika akan berlangsung pada 11-12 Februari 2022.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tanggapan Dorna Sports soal Sirkuit Mandalika yang Kotor: Itu Normal...",  

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved