Berita Mojokerto

Kawasan Pacet Diguyur Hujan Deras, Batu Sebesar 1,5 Meter Longsor ke Jalur Cangar-Pacet Mojokerto

Bongkahan batu berukuran sekitar 1,5 meter longsor dari atas tebing ke tengah jalan raya Cangar-Pacet, Kabupaten Mojokerto.

TRIBUNMADURA.COM/MOHAMMAD ROMADONI
Proses evakuasi manual bongkahan batu besar yang longsor di jalan alternatif Cangar-Pacet, Kabupaten Mojokerto, Minggu (13/2/2022). 

TRIBUNMADURA.COM, MOJOKERTO - Batu berukuran besar longsor dari tebing setinggi 5 meter ke tengah jalan raya Cangar-Pacet, Kabupaten Mojokerto, Minggu (13/2/2022).

Bongkahan batu berukuran sekitar 1,5 meter tersebut longsor dari atas tebing, setelah kawasan Pacet diguyur hujan intensitas tinggi dengan durasi lama.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Mojokerto, Djoko Supangkat mengatakan, terjadi longsor berupa bebatuan besar dari tebing tepat di atas gajah mungkur Sendi, Kecamatan Pacet, sekitar pukul 04.30 WIB.

"Longsoran batu berukuran besar itu berada persis di tengah jalan Cangar-Pacet sehingga mengganggu arus lalu lintas," ungkapnya, Minggu (13/2/2022).

Djoko menyebut penyebab batu longsor lantaran cuaca hujan secara terus-menerus akibatnya membuat kontur tanah pada tebing menjadi labil.

Sebelumnya, kawasan Pacet diguyur hujan intensitas tinggi pukul 20.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB.

Kondisi tanah basah di kawasan dataran tinggi itu menyebabkan cengkraman batu menjadi berkurang sehingga terjadi longsor.

"Material longsor berupa bongkahan batu berukuran besar sekitar 1,5 meter tidak disertai tanah tebing," jelasnya.

Menurut dia, Tim gabungan BPBD, TNI-POLRI, Tahura dan potensi relawan berupaya mengevakuasi secara manual bongkahan batu dari tengah jalan raya.

Proses evakuasi cukup sulit lantaran saking besarnya ukuran batu tersebut.

BPBD berkoordinasi dengan DPUPR Kabupaten Mojokerto untuk mendatangkan alat berat di lokasi bencana longsor.

"Sampai saat ini proses evakuasi batu secara manual dengan cara memecah batu menggunakan alat palu, linggis dan menunggu bantuan alat berat dari DPUPR," terangnya. (don/ Mohammad Romadoni).

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved