Berita Surabaya

Pentingnya Peran Binmas dalam Mencegah Gangguang Kamtibmas, Kapolda Jatim : Jadi Problem Solving

Binmas adalah kekuatan inti Polri dalam bidang Preemtif, yang bertujuan agar masyarakat memiliki daya tangkal dan daya cegah

Editor: Samsul Arifin
istimewa/TribunMadura.com
Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta bersama Wakapolda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo bersama pejabat utama polda Jawa timur menghadiri kegiatan Pembulatan Paket Latihan Peningkatan Kemampuan (Latkatpuan) Gelombang I Fungsi Binmas dan Pencanangan Binmas Reborn Presisi Semeru, pada Selasa (26/4/2022) 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Dalam kegiatan Pembulatan Paket Latihan Peningkatan Kemampuan (Latkatpuan) Gelombang I Fungsi Binmas dan Pencanangan Binmas Reborn Presisi Semeru, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta menyampaikan fungsi penting Binmas

Binmas adalah kekuatan inti Polri dalam bidang Preemtif, yang bertujuan agar masyarakat memiliki daya tangkal dan daya cegah terhadap segala macam gangguan kamtibmas.

Sedangkan tugas pokok Polri yang harus laksanakan adalah melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat serta memelihara kantibmas dan penegakan hukum.

Pedoman pelaksanaan tugas Binmas harus dengan dibekali Iman, Kemauan dan Pengetahuan agar menjadi Benar, Rajin dan Pandai dalam pelaksanaan tugas.

"Ketika seorang anggota memiliki keimanan itu bagaikan memiliki GPS bagi kehidupannya. Pribadinnya akan mampu membedakan mana yang baik dan buruk sehingga dalam mencapai tujuan akan ada peringatan dari GPS tersebut bila melalui jalan yang salah," ujar Kapolda Jatim, Selasa, (26/4/2022).

Baca juga: Kapolda Jawa Timur Dapat Penganugerahan dari PWI Jatim, Tokoh Daerah Bidang Public Health Leaders

Binmas ibaratkan seperti emas berkilau penampilannya yang rapi dan selalu senyum, sapa dan salam, bernilai. Binmas mampu menjadi problem solving bekerjasama dengan stakeholder melaksanakan Door to door system dan semakin lama semakin mahal, semakin banyak membantu masyarakat maka akan semakin banyak yang menghargainya.

"Percayalah orang-orang disekeliling kita merupakan orang yang dapat membantu, menolong dan mempengaruhi masa depan kita," tuturnya.

"Matahari tidak pernah berjanji, tapi ia datang setiap pagi seperti itulah Bhabinkamtibmas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan hati," ujar Kapolda dihadapan 653 Personel Binmas jajaran Polda Jatim.

Usai memberikan sambutan dan arahan, Kapolda Jatim melakukan pencanangan Binmas Reborn Presisi Semeru yang ditandai dengan pemukulan Gong.

Kumpulan Berita Lainnya seputar Polda Jatim

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunMadura.com

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved