Berita Lumajang

Fakta Munculnya Video Ikan Raksasa di Ranu Pakis Lumajang, Nelayan Sebut itu Hoax, Ini Kenyataannya

Sebab, kenyataannya itu hanya ribuan ikan mujair yang tengah berenang secara bergerombol

Penulis: Tony Hermawan | Editor: Samsul Arifin
TribunMadura.com/Tony Hermawan
Nelayan bernama Idris menceritakan kesaksiannya dugaan soal video viral ikan raksasa di Ranu Pakis. 

TRIBUNMADURA.COM, LUMAJANG - Teka-teki keaslian fenomena ikan raksasa muncul di Ranu Pakis, Kecamatan Klakah, Lumajang, akhirnya terjawab. Idris (28), nelayan yang terekam di dalam video tersebut menyebut bahwa postingan itu menyesatkan. Sebab, kenyataannya itu hanya ribuan ikan mujair yang tengah berenang secara bergerombol.

"Itu ikan mujair, tapi pimpinannya yang depan ikan gabus yang beratnya sampai 1,5 kilogram," kata Idris.

Idris menceritakan, ikan-ikan kecil berenang secara berkelompok memang kerap terjadi dalam dua bulan terakhir. Saking banyaknya, penampakan tersebut ketika dilihat dari pinggir ranu terlihat menyerupai seekor ikan besar. 

Menurutnya, jika nelayan bertemu penampakan ikan berenang secara bergerombol, bisa bernasib beruntung. Karena nelayan bisa lebih mudah menjaring ikan. Gara-gara ikan menampakkan diri secara berkelompok, Idris kemarin mendapat ikan mujair sebanyak 15 kilogram. 

"Mangkannya pas orang-orang di pinggir teriak awas-awas, aku tetap diam sambil nahan ketawa. Wong memang bukan ikan besar, tapi gerombolan ikan mujair," jelasnya.

Baca juga: Muncul Ikan Raksasa di Ranu Pakis Lumajang, Nelayan Tegaskan Postingan tersebut Tidak Benar

Kumpulan Berita Lainnya seputar Lumajang

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunMadura.com

Pantauan di Ranu Klakah, pasca video postingan ikan raksasa viral, danau seluas 40 hektar dikunjungi banyak masyarakat. Mereka ingin membuktikan kebenaran ikan raksasa secara langsung.

Menurut Idris postingan tersebut cepat viral dan membuat warga gempar di Ranu Pakis memang dipercaya terdapat sosok penunggu.  Yang wujudnya ikan berukuran besar.

Akan tetapi, yang bisa melihat wujud ikan itu hanya orang-orang tertentu saja. Diyakini jika ikan besar itu muncul artinya penunggu Ranu Pakis meminta warga untuk menggelar selametan.

"Kalau yang besar memang ada karena danau ini misterius. Biasanya yang lihat 1 orang saja kemudian dimusyawarahkan lalu bikin selametan. Kalau tidak selamatan, biasanya nanti ada yang tenggelam," pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved