Berita Lumajang

Muncul Ikan Raksasa di Ranu Pakis Lumajang, Nelayan Tegaskan Postingan tersebut Tidak Benar

Jenis ikan-ikan besar yang pernah ditemui seperti ikan mas, nila, mujaer tawas, tombro Sedangkan, untuk jenis ikan predator yaitu kakap putih

Penulis: Tony Hermawan | Editor: Samsul Arifin
istimewa/TribunMadura.com
Postingan foto wujud ikan raksasa di Ranu Pakis Lumajang ternyata sudah beredar di internet sejak tahun 2017 silam. 

TRIBUNMADURA.COM, LUMAJANG - Ranu Pakis di Kecamatan Klakah, Lumajang menjadi sorotan masyarakat. Sebab, Rabu malam (18/5), beredar foto dan video di media sosial keberedaan ikan besar di Ranu Pakis. Walhasil, postingan ini membuat warga gempar.

Gegernya postingan ini karena juga ada foto yang menampilkan wujud detail ikan. Bentuknya ikan besar dan sangat panjang. Kebanyakan orang jika melihat postingan tersebut, menyimpulkan bahwa itu merupakan jenis ikan predator.

Akan tetapi setelah ditelusuri, postingan tersebut diragukan kebenarannya. Sebab, foto wujud ikan ternyata sudah pernah terposting di internet pada 23 April 2017 silam. Ikan misterius itu diposting oleh akun Facebook Budi Santoso. Dalam narasinya, ikan misterius itu muncul di Danau Kerinci, Jambi.

Taufik salah seorang nelayan setempat mengatakan, bahwa postingan tersebut hoaks. Sebab, selama 20 tahun dia menjadi nelayan tak pernah melihat sekali pun melihat wujud ikan tersebut. Jenis ikan-ikan besar yang pernah ditemui seperti ikan mas, nila, mujaer tawas, tombro. Sedangkan, untuk jenis ikan predator yaitu kakap putih.

Baca juga: Arus Balik di Lumajang Masih Terpantau Ramai, Ada yang Mudik Hampir 2 Pekan, Mayoritas Pekerja

Kumpulan Berita Lainnya seputar Lumajang

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunMadura.com

"Ikan besar di Ranu Klakah itu ada, tapi wujudnya seperti yang di internet itu hoaks. Kalau menurut ku postingan video itu sebenarnya gerombolan ikan nila. Saking banyaknya jadi kalau dilihat dari atas kelihatan besar," katanya.

Hal senada juga dikatakan Saiful, seorang nelayan lain. Sebab, karakter ikan-ikan kecil di Ranu Klakah biasanya berenang secara berkelompok. Jika dilihat dari daratan Ranu Klakah, gerombolan ikan akan terlihat wujud ikan yang sangat panjang.

"Bisa panjangnya sampai 10 meteran," ungkapnya.

Sementara itu, Agus Widarto Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Lumajang mengatakan, belum bisa memastikan kebenaran fenomena ikan raksasa muncul di Ranu Pakis. Pihaknya kini tengah melakukan investigasi di lokasi.

Menurut Agus, laporan ikan-ikan besar muncul di ranu-ranu sekitar Gunung Lemongan hal ini bukan pertama kali terjadi. Dua tahun silam di Ranu Klakah dilaporkan menemukan ikan sidat sepanjang 2 meter lebih.

"Setiap tahun kami ada selalu ada agenda tebar di ranu-ranu sekitar Gunung Lemongan. Biasanya nelayan yang dapat ikan paling panjang ukuran 1-2 meter. Kalau ada kabar ada ikan ukuran 7 meter lebih, saya rasa itu bukan ikan yang hidup di air tawar," pungkasnya.

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved