Berita Bangkalan

Hadiah Perpisahan Kasat Narkoba Polres Bangkalan, Unit Reskrim Polsek Galis Borgol Pengedar Sabu

Dalam penangkapan terhadap pengedar sabu berinisial D itu, anggota Unit Reskrim Polsek Galis harus melakukan undercover buy 

Penulis: Ahmad Faisol | Editor: Samsul Arifin
TribunMadura.com/Ahmad Faisol
Kapolres Bangkalan, AKBP Wiwit Ari Wibisono memimpin Upacara Serah Terima Jabatan Kasat Narkoba di Gedung Serbaguna Lantai II Mako II, Rabu (27/7/2022) 

TRIBUNMADURA.COM, BANGKALAN – Beberapa jam menjelang prosesi Serah Terima Jabatan Kasat Narkoba Polres Bangkalan, Unit Reskrim Polsek Galis melakukan penyamaran hingga berhasil membekuk seorang pengedar narkoba jenis sabu berinisial D (55), warga Desa Paterongan, Kecamatan Galis, Selasa (26/7/2022) malam.

Penangkapan tersangka D dengan barang bukti sabu seberat 1,03 gram seolah menjadi ‘hadiah’ perpisahan bagi Kasat Narkoba Polres Bangkalan, Iptu Iwan Kusdiyanto. Karena keesokan paginya, Rabu (27/7/2022) pukul 07.00 WIB, Iwan menyerahkan estafet kepemimpinan satuan fungsi narkoba kepada kepada mantan Kapolsek Kota Pamekasan, Iptu Muhlis Sukardi.  

Iwan, setelah 26 bulan 20 hari menjabat Kasat Narkoba Polres Bangkalan, kini ia dimutasi sebagai Panit I Unit III Subdit I Ditresnarkoba Polda Jatim. Gelar Upacara Serah Terima Jabatan Kasat Narkoba dipimpin Kapolres Bangkalan, AKBP Wiwit Ari Wibisono Gedung Serbaguna Lantai II Mako II Polres Bangkalan.

“Ini juga bentuk dukungan seluruh polsek dan anggota, membantu saya dalam pengungkapan kasus narkotika,” ungkap Iptu Iwan Kusdiyanto di hadapan para kapolsek, para kasat, dan Pejabat Utama Polres Bangkalan.   

Bahu-membahu antara jajaran polsek dan Satuan Narkoba Polres Bangkalan dalam pemberantasan peredaran dan penyalahgunaan terangkung dalam Rapat Analisa dan Evaluasi (Anev) Juni 2022. Tercatat sejumlah 76 kasus narkoba berhasil diungkap.

Dalam penangkapan terhadap pengedar sabu berinisial D itu, anggota Unit Reskrim Polsek Galis harus melakukan undercover buy atau menyamar sebagai pembeli. Tersangka D yang mengaku telah berjualan selama satu tahun, malam itu ditangkap di Jalan Raya Desa Paterongan ketika hendak mengantarkan sabu pesanan seseorang senilai Rp 750 ribu.   

“Pada prinsipnya, selama kita tidak bahu-membahu dengan tokoh masyarakat dan stakeholder, rasanya sulit kalau hanya mengandalkan kita sebagai polisi. Dibutuhkan sinergitas untuk betul-betul niat dalam upaya memberangus atau paling tidak meminimalisir peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Bangkalan,” paparnya.

Ia mengaku sangat terkesan selama 26 bulan 20 hari berdinas di Polres Bangkalan karena banyak menimba ilmu walaupun dirinya mengawali karir kepolisiannya dari pangkat Brigadir Dua sebagai reserse.

“Saya minta maaf yang sebesar-besarnya. Perbuatan-perbuatan yang saya sengaja atau yang tidak disengaja, baik secara kedinasan atau secara pribadi. Semua itu demi mewujudkan institusi yang kita cintai, yaitu Polres Bangkalan,” pungkas Iwan.  

Kapolres Bangkalan, AKBP Wiwit Ari Wibisono mengungkapkan, pergantian jabatan Kasat Narkoba di Polres Bangkalan merupakan hasil penilaian kebutuhan dalam rapat penyegaran organisasi, pembinaan karir personel, serta kesinambungan estafet kepemimpinan dalam mengemban tugas dan tanggung jawab.

Baca juga: Penemuan Tak Terduga saat Penggeledahan Rumah Curanmor di Bangkalan, Ada Senpi Ilegal Jenis Ini

Kumpulan Berita Lainnya seputar Bangkalan

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunMadura.com

Pergantian pejabat di lingkungan Polri, lanjutnya, juga bertujuan meningkatkan kemampuan manajerial personel dalam memimpin dan menyelenggarakan tugas-tugas Polri dalam memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan masyarakat serta dalam penegakan hukum hukum khususnya di wilayah Polres Bangkalan,

“Kepada Saudara Iwan, saya atas nama pribadi dan seluruh anggota Polres Bangkalan mengucapkan selamat bertugas dan terima kasih atas segala pengabdian yang saudara berikan kepada kesatuan ini. Pengalaman yang saudara peroleh dari kesatuan ini, hendaknya dikembangkan untuk dijadikan suatu motivasi dalam upaya memberikan kontribusi kepada kesatuan yang baru,” ungkap Wiwit.  

Kepada Iptu Muhlis Sukardi selaku Kasat Narkoba yang baru, Wiwit meminta segera untuk menyesuaikan diri dalam melaksanakan tugas. Ia berharap dengan jabatan baru dapat memberikan kontribusi yang lebih baik.

“Dan juga jangan lupa untuk selalu berinovasi serta senantiasa mengukir prestasi demi membawa nama institusi Polri semakin harum dan bersinar. Khususnya nama baik Bangkalan sendiri,” pungkas Wiwit.

Sementara Iptu Muhlis Sukardi berharap bimbingan dan petunjuk dari pimpinan dan rekan-rekannya di Polres Bangkalan sebagai dukungan untuk bisa mengemban amanah lebih baik dan melaksanakan tugas sebaik-baiknya.

“Sebagai orang baru tentunya saya masih nol tentang pengalaman di sini (Bangkalan). Walaupun sebetulnya saya orang lama jadi polisi, kalau tidak salah pensiun kurang 26 bulan. Mudah-mudahan dengan bimbingan dan petunjuk dari pimpinan dan rekan rekan lain bisa mendukung kinerja kami,” singkat mantan Kapolsek Tlanakan, Pamekasan itu. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved