Berita Surabaya

Segera Beroperasi Bus Trans Jatim di Rute Surabaya Gresik Sidoarjo, Ada Aplikasi Trans Jatim Ajaib

Bus Trans Jatim yang akan segera beroperasi tersebut melayani rute Gresik - Surabaya - Sidoarjo atau kawasan aglomerasi Surabaya Raya

Penulis: Fatimatuz Zahroh | Editor: Samsul Arifin
Istimewa/TribunMadura.com
Bus Trans Jatim yang akan segera beroperasi tersebut melayani rute Gresik - Surabaya - Sidoarjo atau kawasan aglomerasi Surabaya Raya. 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa direncanakan akan meluncurkan bus Trans Jatim pada tanggal 19 Agustus 2022 mendatang.


Bus Trans Jatim ini akan menjadi implementasi dari program Jatim Akses yang digagas oleh Gubernur Khofifah dalam memimpin Jawa Timur. 


Untuk melancarkan Bus Trans Jatim ini, bahkan telah diluncurkan pula Aplikasi Trans Jatim-Ajaib yang sudah bisa mulai diunduh masyarakat secara luas. Baik melalui handphone android maupun ios. 


Dimana aplikasi ini akan memudahkan masyarakat mengakses informasi terkait rute bus, informasi posisi keberadaan bus, hingga pembelian tiket. 


Sekdaprov Jatim Adhy Karyono menjelaskan bahwa bus Trans Jatim yang akan segera beroperasi tersebut melayani rute Gresik - Surabaya - Sidoarjo atau kawasan aglomerasi Surabaya Raya


Dengan jarak tempuh sekitar 72 kilometer, bus ini digadang akan menjadi alternatif solusi bagi masyarakat yang bekerja atau bermobilitas di kawasan ring 1 Jatim khususnya Gresik - Surabaya - Sidoarjo


"Layanan bus Trans Jatim ini dilengkapi dengan aplikasi, yang sudah kami luncurkan. Dengan adanya aplikasi ini, kita telah menunjukkan bahwa Jawa Timur sudah mulai melangkah maju dengan memberikan percepatan pelayanan bagi masyarakat yang dapat diakses hanya dengan satu genggaman," kata Adhy Karyono. 


Menurut informasi, akan tersedia sebanyak 20 armada bus yang disiapkan untuk Bus Trans Jatim ini. Halte sebagai tempat pemberhentian bus juga telah disiapkan yang tersebar di Sidoarjo Surabaya maupun Gresik. Total ada 32 titik halte yang disiapkan. 


"Rencananya launching akan dilakukan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada 19 Agustus 2022 mendatang di Terminal Porong Sidoarjo. Karena untuk trayek pertama Bus Trans Jatim tersebut akan dimulai dari Terminal Porong Sidoarjo, Kota Surabaya hingga Terminal Bunder Gresik," urainya. 

Baca juga: Bus Sugeng Rahayu Kecelakaan Beruntun di Madiun saat Dini Hari, 1 Motor Terbakar 2 Orang Tewas,

Kumpulan Berita Lainnya seputar Surabaya

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunMadura.com


Tidak hanya itu, yang membuat istimewa, Bus Trans Jatim tersebut juga akan dilengkapi dengan pemandu pramugara dan pramugari yang akan membantu masyarakat mengakses layanan transportasi Trans Jatim. Mereka juga akan melayani pembelian tiket on the spot. 


Lebih dari itu Adhy menambahkan, salah satu tujuan utama dari layanan ini merupakan kepuasan masyarakat dalam pemanfaatan akses. 


"Saat ini yang menjadi pekerjaan rumah ialah bagaimana membuat aplikasi tersebut familiar setelah esok beroperasi," katanya.


Sekdaprov Jatim yang baru dilantik tersebut menegaskan bahwa Bus Trans Jatim akan terkoneksi dengan bus masing-masing kabupaten kota. Untuk itu ia meminta agar Trans Jatim diintegrasikan dengan program bus masing-masing kabupaten/kota.


"Setelah launching tanggal 19 Agustus esok, harus dipikirkan ekspansi rutenya," pesan Sekda Jatim.


Berdasarkan informasi yang dihimpun, Pemprov Jatim juga telah merumuskan tarif untuk bus Trans Jatim ini. Yaitu berkisar antara Rp 2.500 hingga Rp 5.000.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved