Berita Pamekasan

Wabup Pamekasan Ajak Perguruan Tinggi Manfaatkan Potensi Daerah, Demi Tingkatkan Kesejahteraan

Peran perguruan tinggi melakukan penelitian sekaligus mengeksplor potensi daerah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah tersebut.

Penulis: Kuswanto Ferdian | Editor: Aqwamit Torik
TribunMadura.com/Kuswanto Ferdian
Wakil Bupati Pamekasan, Fattah Jasin (tengah) saat foto bersama dengan Civitas Akademika IAIN Madura di depan Mandhapa Aghung Ronggosukowati. 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian 


TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Wakil Bupati Pamekasan, Fattah Jasin mengajak perguruan tinggi berpartisipasi dalam mengembangkan potensi daerahnya untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.


Menurutnya, perguruan tinggi mempunyai peran vital dalam menggali potensi daerah melalui tiga tugas utamanya atau yang biasa disebut tri darma perguruan tinggi, yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.


Kabupaten Pamekasan merupakan salah satu kabupaten di Madura yang mempunyai potensi daerah luar biasa. 

Baca juga: Kades di Pamekasan Ditangkap Polisi, Kedapatan Punya Benda Terlarang ini, Perannya Diungkap

Informasi lengkap dan menarik lainnya di GoogleNews TribunMadura.com


Salah satunya batik tulis yang telah terkenal  di jagat nusantara. 


Makanya, peran perguruan tinggi melakukan penelitian sekaligus mengeksplor potensi daerah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah tersebut.


"Batik kita ini luar biasa, pada tahun 2018 saat saya jadi Pj Bupati Pamekasan, saya kedatangan tamu Ratu Hemas atau istri Hamengkubuwono X, beliau kagum dengan batik kita, selain berkualitas, juga murah," kata Fattah Jasin, Jumat (26/8/2022).


Menurutnya, murahnya batik tulis Pamekasan ini lantaran rantai penjualan hingga pasar tidak panjang, bahkan sebagian besar penjual yang ada di pasar adalah perajin batik sendiri. 


Berbeda dengan daerah lain yang memiliki potensi sama, tetapi harganya lebih mahal.


"Ini kata Ratu Hemas pada waktu itu, makanya kita mengajak perguruan tinggi untuk meneliti itu sebagai paper akademik yang dipercaya," ungkapnya.


Pemkab Pamekasan pada tahun 2022 menggelar road show batik Jawa dan Bali yang bertujuan meningkatkan promosi dan daya jual. 


Mulai gebyar batik yang terselenggara di Malang, Tuban, Gunung Bromo, dan Kabupaten Jember. 


Saat ini tersisa dua kegiatan lagi yang akan digelar di Bali dan Surabaya. 


Seluruhnya bermuara untuk kesejahteraan perajin batik.


"Potensi lainnya ada pula tembakau, saya kira perlu untuk kita teliti bagaimana dampak ekonominya kepada masyarakat," pungkasnya.

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved