Berita Pamekasan

Makin Mudah dan Tak Ribet, Klinik Mantap Gagasan Disdikbud Pamekasan Banyak Diminati Lembaga PAUD

Klinik Mantap merupakan program layanan konsultasi dan pendampingan pengajuan izin operasional untuk PAUD yang aman, tepat dan sigap

Penulis: Kuswanto Ferdian | Editor: Samsul Arifin
Istimewa/TribunMadura.com
Suasana saat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pamekasan, Madura, meresmikan program Klinik Mantap, yaitu program layanan konsultasi dan pendampingan pengajuan izin operasional untuk PAUD yang aman, tepat dan sigap. 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian 


TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Pengelola lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) di Kabupaten Pamekasan, Madura, banyak memanfaatkan layanan klinik mantap gagasan dinas pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) setempat.


Klinik Mantap merupakan program layanan konsultasi dan pendampingan pengajuan izin operasional untuk PAUD yang aman, tepat dan sigap. 


Hal itu dilakukan untuk memudahkan pihak lembaga dalam mengurus izin operasional sekolah, baik perpanjangan atau pengurusan izin baru.


Kasi Kelembagaan dan Sarana Prasarana PAUD dan Non-Formal Disdikbud Pamekasan, Taufik Hidayat mengaku mendapat banyak apresiasi dari lembaga PAUD terkait terobosan baru berupa layanan perizinan itu. 


Kata dia, setiap hari dipastikan ada lembaga yang memanfaatkan program layanan tersebut.


"Peminatnya bagus, setiap hari ada. Tidak pasti, kadang kalau banyak sampai lima atau sampai enam lembaga karena ini kan izin. Kadang juga dua atau tiga," kata Taufik Hidayat, Senin (5/9/2022).


Ke depan pihaknya akan melakukan sosialisasi lebih masif lagi ke lembaga PAUD terkait layanan klinik mantap tersebut.


Mengingat lembaga yang telah memanfaatkan program itu mengaku sangat terbantu, karena tidak perlu bolak-balik lagi dalam mengurus perizinan yang harus datang langsung ke kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP Naker).


Menurutnya, keterlambatan pengurusan izin operasional selama ini akibat lembaga tidak memahami alur penerbitan izin yang dilakukan melalui DPMPTSP Naker, serta beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) lain sesuai regulasi dan sistem online single submission (OSS).

Baca juga: Aliansi BEM se-Pamekasan Berteriak Tolak Kenaikan Harga BBM di depan Kantor DPRD, Ancam Blokade SPBU


Pihaknya juga menerima konsultasi serta pendampingan kepada pihak sekolah untuk memastikan kelengkapan syarat pengajuan izin agar sekolah tidak bolak-balik akibat persyaratan yang tidak lengkap dan lain-lain sebelum mengurus di mall pelayanan publik (MPP) yang berlokasi di Jalan Panglegur Pamekasan.


"Semoga program ini terus bermanfaat dan memudahkan lembaga pendidikan. Karena ini penting sekali untuk lembaga pendidikan di bawah," harapnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved