Berita Sampang

Nestapa Penjaga Wisata Hutan Kera Nepa Sampang, 6 Tahun Kerja Cuma Andalkan Sedekah Pengunjung

Penjaga wisata harus rutin memberi makan ratusan kera yang ada di lokasi wisata jika tidak, kera akan bermigrasi ke hutan lain untuk bertahan hidup.

Penulis: Hanggara Pratama | Editor: Aqwamit Torik
TribunMadura.com/Hanggara Pratama
Penjaga Wisata Hutan Kera Nepa, H Sahri (75) saat berada di lokasi wisata, tepatnya di Desa Batioh, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, Madura. 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Hanggara Pratama


TRIBUNMADURA.COM, SAMPANG - Keberadaan penjaga wisata Hutan Kera Nepa di Desa Batioh, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, Madura perlu diperhatikan oleh pihak pengelola wisata, Senin (5/9/2022).


Mengapa tidak, perannya sangat dibutuhkan guna keberlangsungan wisata itu sendiri, mengingat bertugas sebagai pemandu bagi pengunjung serta menjaga populasi kera.


Sebab, penjaga wisata harus rutin memberi makan ratusan kera yang ada di lokasi wisata jika tidak, kera akan bermigrasi ke hutan lain untuk bertahan hidup.

Baca juga: Demo Tolak Kenaikan Harga BBM, Minta DPRD Sampang Ikut Posting Penolakan di Akun Medsos Pribadinya

Informasi lengkap dan menarik lainnya di GoogleNews TribunMadura.com


Namun selama bertahun-tahun bekerja, Penjaga Wisata Hutan Kera Nepa, H Sahri (75) hanya mengandalkan sedekah dari para pengunjung, artinya tidak dibayar oleh pihak pengelola wisata.


"Saya tidak digaji karena saya diminta sama juru kunci memberi pakan dan mengantarkan pengunjung, saya bekerja sudah enam tahun," ujarnya.


Tugasnya menjadi penjaga wisata Hutan Kera Nepa tidak hanya sebatas itu, H Sahri juga bertugas untuk menjaga keamanan lingkungan wisata agar tidak digunakan tempat mesum oleh kalangan muda-mudi saat berkunjung.


"Di dalam ada tempat keramat Raden Segoro yang pada bulan Jumadil Uula tanggal 12, ramai pengunjung yang melakalukan selametan, jadi saya harus menjaga agar tempat wisata tidak digunakan berpacaran," pungkasnya.

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved