Berita Madura

Kerjasama Dengan MWC NU, Puskesmas Ambunten Sumenep Beri Pelayanan Gratis Posbindu PTM Masyarakat

Kegiatan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) itu bekerjasama dengan MWC NU Ambunten Sumenep di kantor setempat.

Penulis: Ali Hafidz Syahbana | Editor: Aqwamit Torik
TribunMadura.com/Ali Hafidz Syahbana
Puskesmas Ambunten Sumenep saat berikan pelayanan Posbindu PTM bagi pengurus MWC NU dan Masyarakat umum. 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Ali Hafidz Syahbana

TRIBUNMADURA.COM, SUMENEP - Dalam rangka mendeteksi dini Penyakit Tidak Menular, Puskesmas Ambunten Sumenep Madura terus memberikan pelayanan bagi Masyarakat.

Kegiatan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) itu bekerjasama dengan MWC NU Ambunten Sumenep di kantor setempat.

"Kalau bicara pelayanan pada masyarakat kami dengan maksimal buat masyarakat dan bahkan kemaren kami kerjasama dengan MWC NU Ambunten melakukan deteksi dini resiko penyakit tidak menular dan monitoring," terang Kepapa Puskesmas Ambunten, dr. Zulfa Ulin Nuha pada TribunMadura.com, Sabtu (1/10/2022).

Tujuannya kata dr. Zulfa sapaan akrapnya bahwa Posbindu PTM Itu untuk mendeteksi faktor - faktor resiko penyakit tidak menular, ia mencontohkan seperti kencing manis, darah tinggi dan  penyakit jantung.

Informasi lengkap dan menarik lainnya Berita Madura dan Berita Sumenep di GoogleNews TribunMadura.com

Monitoring penyakit-penyakit tidak menular itu lanjutnya, dengan melakukan pemeriksaan dan sekaligus pengobatan terhadap Masyarakat.

Ditanya sasaran dalam mendeteksi layanan Posbindu PTM itu, pihaknya mengaku menyasar warga mulai dari usia 15 tahun sampai dengan 59 tahun atau lebih, yakni semua pengurus MWC NU dan Masyarakat umum.

"Untuk kegiatan Posbindu PTM ini, kami sedikit agak kesulitan mendatangkan sasaran. Kenapa, karena banyak sasaran yang belum terlalu paham apa manfaat Posbindu PTM tersebut," paparnya.

Maka lanjutnya, hal itulah yang juga menjadi dasar untuk dilakukannya kerjasama dengan MWC NU Kecamatan Ambinten.

"Alhamdulillah MWC NU sangat merespon baik kegiatan kami dan langsung melibatkan semua pengurus NU se- Kecamatan Ambunten. Dan kemaren itu yang pertama kali kami lakukan dan akan terus berlangsung nanti," jelasnya.

dr. Zulfa Ulin Nuha menegaskan, bahwa
kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Karena akses pelayanan kesehatan lebih dekat dan pelayanan kesehatan secara gratis untuk yang tidak pnya BPJS.

"Karena kalau tidak pnya kartu bpjs dan rawat jalan ke puskesmas, kena biaya retribusi sesuai perda. Sedangkan di posbindu PTM ini meskipun tidak punya  BPJS tetap mendapatkan pelayanan secara gratis," katanya.

"Kegiatan ini akan berlangsung secara berkesinambungan dan tidak hanya satu kali saja. Jadi akan dilaksanakan di masing-masing desa bekerjasama dengan NU di ranting," tambahnya.

Pihaknya menyebutkan, bahwa dukungan tidak hnya dari MWC NU saja, namun  juga didukung oleh lintas sektor seperti Camat, Kapolsek, Danramil juga Kepala Desa.

Hadir dalam kegiatan itu lanjutnya, KH. Fauzi Hasbullah/Mustasyar MWC NU, K.H Humaidi Hasbullah/ Ketua Rois, KH. Uwais AliHisyam ketua Tanfidziyah MWC NU Ambuntendan semua pengurus lainnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved