Pengunjung Kebun Binatang Surabaya Kian Bertambah, KBS Akan Gandeng Agen Travel Gaet Wisatawan Asing

Chairul Anwar, Direktur Utama Perusahaan Daerah Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya (PDTS KBS) menjelaskan peningkatan terjadi 500 lebih tiap tahunnya

Pengunjung Kebun Binatang Surabaya Kian Bertambah, KBS Akan Gandeng Agen Travel Gaet Wisatawan Asing
TRIBUNMADURA.COM/PIPIT MAULIDIYA
Chairul Anwar, Direktur Utama Perusahaan Daerah Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Pengunjung Kebun Binatang Surabaya (KBS) terus bertambah tiap tahun.

Chairul Anwar, Direktur Utama Perusahaan Daerah Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya (PDTS KBS) menjelaskan peningkatan terjadi 500 lebih tiap tahunnya.

"Tahun 2017 pengunjung mencapai 1 juta 560, Tahun 2018 mencapai 2 juta 10 ribu, target tahun 2019 ini bisa 2 juta 500 ribu pengunjung," katanya, Selasa (5/3/2019).

Kenaikan jumlah pengunjung itu tak menurut Chairul tak lain lantatan ada pembenahan dan revitalisasi dari seluruh wilayah zona konservasi.

Sebut Madura United Banyak Buang Peluang, Dejan Antonic Evaluasi Tim untuk Laga Kedua Piala Presiden

Pelatih PSS Sleman Ungkap Penyebab Kekalahan Timnya dari Madura United pada Piala Presiden

5 Pemain Madura United Absen Laga Kedua Piala Presiden, Dejan Minta Pemain Pengganti Unjuk Gigi

Visi dan misi KBS tidak hanya sebagai konservasi tapi ada edukasi dan rekreasi.

"Nah dua icon ini kita mobilisasi dengan melakukan kerjasama dengan pihak ketiga. Seperti Lembaga Pendidikan utamanya PAUD, TK, SD. Nah sekarang itu kita gencarkan untuk kegiatan-kegiatan edukasi sehingga mobilisasinya itu tidak hanya terjadi pada saat hari besar ataupun weekend. Sekarang Senin sampai Jumat kita tetap ramai," jelasnya.

Chairul menambahkan revitalisasi sampai detik ini masih menggunakan dana operasional KBS aliad belum menggunakan dana APBD.

Jelang Perayaan Hari Raya Nyepi, Warga Hindu di Kabupaten Malang Mulai Membuat Ogoh-Ogoh

Berebut Hati Seorang Janda, 2 Ayah di Lumajang Terlibat Carok, Sampai Dibawa ke Rumah Sakit

DPRD Sumenep Menyayangkan Keputusan PT Sumekar untuk Kembalikan KMP DBS III ke Dishub

"Kami juga menginginkan kemandirian KBS ini segera terwujud. Sehingga nantinya betul-betul menjadi lembaga konservasi yang profesional dan mandiri justru memberikan subsidi kepada pemerintah kota," sergahnya.

Pendapatan KBS tahun 2017 mencapai Rp 40 Miliar, dan pendapatan 2018 masih audit independen, namun mencapai nilai Rp 50 Milyar lebih.

Ditanya soal anggaran revitalisasi, Chairul mengaku tidak bisa menyebutkan jumlah lantaran anggaran diajukan secara bertahap. Anggaran operasional lanjutnya sesuai dengan kebutuhan dan master plan yang ada di RKP yang sudah ada.

"Sekarang kita sedang membuat desain bagaimana menggandeng tour and travel khusus orang asing. Karena biasa mereka butuh zona spesial. Secara insidental mereka sudah banyak yang datang ke KBS justru tidak hanya pada hari besar karena kalau rame dia nggak nyaman," tutupnya. (Pipit Maulidiya)

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Aqwamit Torik
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved