Breaking News:

Berita Gresik

Proyek Renovasi RSUD Ibnu Sina Rp 4,4 Miliar Dibangun Pakai Bahan Sisa, Bupati Gresik Sambari Ngamuk

Proyek Renovasi RSUD Ibnu Sina Rp 4,4 Miliar Dibangun Pakai Bahan Sisa, Bupati Gresik Ngamuk, Pihak RS Tak Mau Disalahkan.

Penulis: Willy Abraham
Editor: Mujib Anwar
TRIBUNMADURA/WILLY ABRAHAM
Kondisi Paviliun RSUD Ibnu Sina Gresik, Rabu (2/1/2019). 

TRIBUNMADURA.COM, GRESIK - Bupati Gresik Sambari Halim Radianto minta proyek ACP RSUD Ibnu Sina dibongkar saat dia melakukan sidak. Ia mengancam tidak akan menandatangani sisa pembayaran jika proyek tersebut tidak segera disempurnakan.

Raut wajah Sambari berubah menjadi kecewa saat memantau proyek renovasi ruang VIP RSUD Ibnu Sina.

Diketahui, penyebab kekecewaannya melihat beberapa dinding bangunan yang tidak tertutup oleh Alumunium Composute Panel (ACP).

“Mengerjakan proyek, jangan asal selesai saja namun juga harus sesuai spesifikasi yang kami minta, saya minta dibongkar semua," ungkap Sambari dengan nada kecewa, Senin (31/12/2018).

Pacar Lahirkan Bayi Perempuan, Sejoli Pelajar SMK di Sidoarjo ini Langsung Kubur Bayinya Hidup-hidup

Proyek yang menelan anggaran APBD sebesar Rp 4,4 miliar itu ternyata diselesaikan dengan bahan sisa. Hasilnya, masih banyak tembok yang berlubang.

Bupati Gresik dua periode itu menduga kontraktor sengaja mencari keuntungan yang tinggi.

Menurutnya, ACP yang dipasang pada tembok RSUD Ibnu Sina tidak sesuai spesifikasi.

“Bisa jadi karena tidak mau rugi, akhirnya ACP sisa pemotongan dicoba untuk dipasang meskipun bentuknya tidak simetris dan menutup dinding gedung,” tegas Sambari Halim Radianto.

Dulu Bekas Tambang dan Tempat Pembuangan Sampah, Kini Menjadi Spot Foto Instagramable di Gresik

Manajemen RSUD Ibnu Sina Gresik melalui Kepala Bagian Tata Usaha RSUD Ibnu Sina Teguh Iman Subagjo, Rabu (2/1/2019), menjelaskan, pihaknya menjatuhkan denda kepada kontraktor pelaksana PT Saranakarya Bangun Persada karena proyek yang seharusnya selesai pada tanggal 20 Desember 2018 ternyata molor.

"Sejak awal mereka terlihat kurang becus dalam mengerjakan proyek yang telah dimenangkan," ujarnya.

Pihaknya enggan disalahkan atas buruknya pengerjaan proyek, karena selama ini RSUD Ibnu Sina telah melakukan pengawasan dan selalu berkordinasi dengan kontraktor seperti menggelar rapat evaluasi setiap minggu.

"Kontraktor ini kemarin memang kekurangan bahan sehingga menggunakan bahan sisa," tambahnya.

Posko Projo Gresik Diresmikan, Langsung Bidik Kemenangan 70 Persen untuk Jokowi

Ia mengatakan, Kontraktor akan bertanggung jawab dengan memastikan sebelum tanggal 20 Januari semuanya sudah selesai karena mereka mengalami kendala yakni, banyak pekerja proyek yang pulang kampung.

"Kontraktor akan mendatangkan 15 lembar ACP lagi untuk menutup dinding yang masih berlubang," tegas Imam Subagjo. (Willy Abraham)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved