Breaking News:

Pilpres 2019

Polmark Sebut Swing Voters Pilpres 48 Persen, Pakde Karwo Bilang Tak Mungkin: di Medsos Saja Gegeran

Polmark Indonesia Sebut Swing Voters Pilpres Tembus 48 Persen, Pakde Karwo Bilang Tak Mungkin: di Medsos Saja Ramai dan Gegeran.

TRIBUNMADURA/BOBBY KOLOWAY
Soekarwo alias Pakde Karwo 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Lembaga Survei Polmark Indonesia merilis hasil surveinya terkait elektabilitas kedua pasangan Capres dan Cawapres di Pilpres 2019, Selasa (5/3/2019).

Hasilnya menyebutkan, bahwa pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 01 Jokowi-Maruf Amin unggul atas pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dengan persentase elektabilitas 40,4 persen berbanding 25,8 persen.

Dari jumlah elektabilitas tersebut, pemilih yang mantap memilih Jokowi-Maruf Amin sebesar 31,5 persen. Sedangkan yang mantap memilih Prabowo Subianto-Sandiaga Uni hanya 20,5 persen.

Dengan kata lain, masih ada sebanyak 48 persen swing voters alias massa pemiling mengambang yang masih bisa diperebutkan oleh kedua paslon.

Ketua DPD Partai Demokrat Jatim, Soekarwo memberikan tanggapannya terkait angka swing voters yang masih tinggi berdasarkan hasil survei Polmark Indonesia

"Tidak mungkin, semua itu (lembaga survei lain) sudah 12 persen, LSI kemarin 15 persen, yang lain tinggal 9 persen, ya sekitar itu lah," tegas Pakde Karwo, saat ditanya awak media, Rabu (6/3/2019).

Survei Terbaru Polmark Indonesia, Elektabilitas Jokowi 40,4 % Vs Prabowo 25,8 %: Hasilnya Tak Lazim

Purnatugas Gubernur Jatim, Pakde Karwo Ngajar di Pascasarjana FEB Unair, Bikin Mahasiswa Asing Kagum

Selain itu, Pakde Karwo juga melihat aktivitas di media sosial yang sangat tinggi terkait politik juga membuktikan banyak warga yang sudah mempunyai pilihan dalam Pemilu 2019 nanti.

"Wong media sosial kayak begitu, 48 persen dari mana, ya tidak. Di media sosial saja rame, artinya semua orang sudah awareness tentang Pilpres, kan orang gegeran itu sudah ada pilihan to," tegas mantan Gubernur Jatim dua periode ini.

Pakde Karwo juga mengatakan adanya swing voters dalam Pemilu merupakan hal yang  wajar.

Karena berdasarkan dari pemilu-pemilu sebelumnya warga yang tidak menggunakan hak pilihnya bisa mencapai 20 persen. "Dan tidak sebesar itu (48 persen)," tandasnya.

Efek Ekor Jas Pengaruhi Keseriusan Koalisi, Polmark: Pilpres Untungkan Partai Kandidat Paslon Saja

Survei Charta Politika: Masyarakat Jatim Paling Puas, Elektabilitas Jokowi 53,2 % Vs Prabowo 34,1 %

Survei Charta Politika, Elektabilitas Jokowi-Makruf Terus Naik di Jatim, Tapi Sulit Tembus Madura

Penulis: Sofyan Candra Arif Sakti
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved