Breaking News:

Berita Sumenep

Demi Hindari Dugaan KKN, DMPD Sumenep Minta Aparatur Desa Diangkat dari Selain Orang Dekat Kades

Pengangkatan aparatur Desa sudah menjadi rahasia umum diangkat dari orang - orang terdekat Kades, bahkan termasuk dari keluarganya sendiri.

Penulis: Ali Hafidz Syahbana | Editor: Aqwamit Torik
TRIBUNMADURA.COM/ALI HAFIDZ SYAHBANA
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep A. Masuni. 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Ali Hafidz Syahbana

TRIBUNMADURA.COM, SUMENEP - Pengangkatan aparatur Desa sudah menjadi rahasia umum diangkat dari orang - orang terdekat Kades, bahkan termasuk dari keluarganya sendiri.

Meskipun sampai saat ini belum ada Undang-Undang yang mengatur itu, namun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep kedepan akan melakukan seleksi secara terbukan dan profesional.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep Ahmad Masuni membenarkan bahwa memang belum ada UU yang mengatur pengangkatan perangkat Desa.

Januari - Februari 2019 Sebanyak 186 Wanita di Sampang Jadi Janda, KDRT Hingga Ekonomi Jadi Faktor

Komunitas Alumni Perguruan Tinggi Inginkan Pemilu 2019 Hadirkan Pemimpin yang Jawab Tantangan Zaman

Acara Kapolda Cup Gebyar Budaya Madura 2019 Disambut Antusias Ribuan Masyarakat Madura

"Kepala Desa mempunyai hak prerogatif dalam pengangkatan Aparatur Desanya, contohnya seperti pengangkatan bendahara Desa," kata Masuni pada TribunMadura.com. Sabtu, (23/03/2019).

Namun kata dia, pengangkatan aparatur Desa itu dari orang terdekat bahkan dari unsur keluarga, dimungkinkan nantinya ada Korupsi, Kolusi, Nepotisme (KKN).

Seperti informasi itu yang sering masuk laporannya kata dia, maka pihaknya menghimbau Kepala Desa tidak melakukan pengangkatan Aparatur Desa melalui famili atau pihak keluarga sendiri.

"Saya tegaskan supaya Kepala Desa tidak mengangkat Aparatur Desa dari luar famili dan keluarga, demi menghindar dari dugaan KKN," katanya.

Saat ini Pemkab Sumenep sedang menggodok tata cara pengangkatan Aparatur Desa melalui seleksi terbuka dan transparan.

" Nanti melalui kompetisi dan seleksi secara terbuka pengangkatan Aparatur Desa, dan benar - benar memiliki skil yang prifesional," terangnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved