Breaking News:

Virus Corona di Jawa Timur

Rais Aam PBNU Pimpin Istigosah Kubro Online di Malam Nisfu Syaban, 'Sebagai Pertobatan Massal'

Istigosah Kubro Online dilaksanakan di tiga tempat, yaitu di Kantor PWNU Jatim, di Gedung Negara Grahadi, dan di Ponpes Lirboyo Kediri.

TRIBUNMADURA.COM/AHMAD ZAIMUL HAQ
Para kiai sepuh memandu Istigosah Kubro Online di Kantor PWNU Jatim, termasuk Rais Aam PBNU, KH Miftachul Akhyar, Rabu (8/4/2020). 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur (PWNU Jatim) menggelar Istigosah Kubro Online untuk meminta perlindungan Allah dari pandemi virus Corona (Covid-19), Rabu (8/4/2020).

Istigosah Kubro Online ini dilaksanakan di tiga tempat, yaitu di Kantor PWNU Jatim, di Gedung Negara Grahadi, dan di Ponpes Lirboyo Kediri, yang saling dihubungkan oleh stasiun televisi TVRI.

Di Kantor PWNU Jatim, Istigosah Kubro Online dipimpin oleh Rais Aam PBNU, KH Miftachul Akhyar.

Ditemui seusai acara, KH Miftachul Akhyar mengungkapkan, istigosah ini merupakan suatu ikhtiar atau usaha secara spiritual setelah usaha secara duniawi sudah dilakukan.

"Ini suatu gerakan hati, kesadaran hati. Kita harus yakin ini adalah jalan keluar karena manakala Allah menghendaki salah satu kebaikan, hambanya ini disenangkan untuk berdoa," ucap KH Miftachul Akhyar.

UPDATE Corona COVID-19: Tambah 1 Pasien Positif Corona di Kota Kediri, Total 3 Pasien

Dua Warga Positif Corona, Kabupaten Tuban Kini Masuk Zona Merah Covid-19 di Jatim

Sinopsis Film The Man from U.N.C.L.E di Trans TV Pukul 21.00 WIB, Hasil Reboot dari Serial TV 60-an

Selain itu, Pengasuh Ponpes Miftachus Sunnah, Kedung Tarukan, Surabaya ini mengatakan, Istigosah Kubro Online ini juga sebagai sarana untuk memohon ampun kepada Allah SWT.

"Istigosah ini sebagai pertobatan massal. mungkin ada dosa-dosa kecil yang selama ini kita remehkan dan tidak kita anggap, lalu sudah menjadi langganan tiap hari hampir kita lakukan dan akhirnya menjadi dosa besar," lanjutnya.

KH Miftachul juga mengingatkan kepada para Nahdliyyin bahwa wabah virus Corona ini bukan suatu alasan agar amalan yang selama dilakukan lantas ditinggalkan sama sekali.

Penyebab Glenn Fredly Meninggal karena Penyakit Meningitis, Kondisinya menurun Dalam 3 Hari Terakhir

Jadwal Acara TV ANTV Trans TV RCTI SCTV GTV Indosiar Kamis 9 April 2020, Ada Film The Lodgers

Pemprov Jatim Terima Bantuan Yayasan Stapa Center untuk Tanggulangi Covid-19

Salah satu contohnya adalah Istigosah Kubro Online tersebut, dimana amalan tetap dilakukan, namun dengan mematuhi protokol pencegahan penyebaran Covid-19 dengan tetap menjaga jarak.

"Jadi ada istilah social distancing dan karantina. Memang untuk menghadap sebuah wabah ada Ikhtiar dhohir itu tadi, tapi bukan berarti lalu kita lupa dengan permohonan ampun. Istigosah online ini adalah kesempatannya," pungkasnya.

Selain KH Miftachul Akhyar, tampak juga mengikuti Istigosah Kubro Online di Kantor PWNU Jatim, yaitu Ketua PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar, lalu Wakil Ketua PWNU Jatim, KH Agoes Ali Masyhuri, dan Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, KH Abdul Hakim atau Gus Kikin, serta kiai-kiai sepuh lainnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved