Virus Corona di Bangkalan

Update Corona di Bangkalan Madura Hari ini, 9 Positif Covid-19, Klaster Pelayaran Dubai Bertambah

Inilah update Corona di Bangkalan Madura per hari ini, 9 positif Covid-19, klaster pelayaran Dubai jadi penyumbang lagi

Penulis: Ahmad Faisol | Editor: Mujib Anwar
TRIBUNMADURA/IST
Sebaran virus Corona Covid-19 di Kabupaten Bangkalan Madura per 25 April 2020. 

TRIBUNMADURA.COM, BANGKALAN - Berdasarkan update Corona di Bangkalan, jumlah warga Bangkalan Madura terkonfirmasi virus Corona atau Covid-19 bertambah dan kini menjadi 9 orang.

Itu diketahui melalui Peta Sebaran Covid-19 per 25 April 2020 yang di-Update Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangkalan, Sabtu (25/4/2020) malam.

Juru Bicara Humas Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bangkalan Agus Zain mengungkapkan, tambahan satu warga Bangkalan terkonfirmasi positif Covid-19 merupakan klaster pelayaran Dubai berusia 28 tahun asal Kecamatan Klampis.

"FR datang pada tanggal 9 April 2020 menggunakan bus bersama rombongan dari Bali bersama rombongan sekitar 30 orang. Sebanyak 4 orang di antaranya berasal dari Kecamatan Klampis," ungkap Agus, Sabtu (25/4/2020) malam.

Hasil penelusuran Tim Medis Gugus Tugas Covid-19 Bangkalan melalui tim surveillance diketahui bahwa FR tidak menderita keluhan apapun dan tampak sehat.

Sebelumnya, dijelaskan Agus, hasil rapid test di Bandara Ngurah Rai Bali menyatakan FR negatif Covid-19.

Namun karena dua temannya positif rapid test, lanjutnya, maka pemeriksaan ulang hasil konsultasi dengan Dinkes dilakukan di Puskesmas Kecamatan Klampis.

"Tanggal 14 April 2020 dilakukan rapid test ulang di Puskesmas Klampis kepada 4 orang klaster pelayaran Dubai. FR dinyatakan positif rapid test," jelasnya.

Sehari kemudian, Rabu (15/4/2020) pukul 9.00 WIB dilakukan pengambilan spesimen swab/PCR milik FR di RSUD Syamrabu Bangkalan.

Sekitar pukul 13.00 WIB, FR diantar ke Balai Diklat BKPSDA Kabupaten Bangkalan, Jalan Soekarno-Hatta untuk menjalani isolasi.

"Pada 25 April 2020, malam ini keluar hasil swab/PCR yang menyatakan FR positif covid-19," pungkas Agus yang juga menjabat Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bangkalan.

Malam ini juga, FR dijadwalkan akan dijemput pihak Tim Medis Gugus Tugas Covid-19 Bangkalan untuk dilakukan penanganan medis di Ruang Isolasi RSUD Syamrabu Bangkalan.

Selain FR, klaster pelayaran Dubai terkonfirmasi Covid-19 asal Bangkalan sebelumnya juga menerpa pria berusia 43 asal Kecamatan Kamal.

Bersamanya, pelayaran asal Kecamatan Arosbaya klaster Barcelona juga terekonfirmasi Covid-19 berdasarkan hasil Lab Litbangkes Jakarta, Jumat $24/4/2020).

Dipaparkan dalam Peta Sebaran Covid-19 Bangkalan, sembilan warga terkonfirmasi positif Covid-19 tersebar di lima kecamatan dari 18 kecamatan yang ada.

Dengan rincian tiga orang di Kecamatan Klampis dan Kamal, satu orang masing-masing di Kecamatan Blega, Kota, dan Arosbaya.

Adapun Orang Dalam Resiko (ODR) tercatat sebanyak 17.203 jiwa, bertambah 294 jiwa dari hari sebelumnya.

Orang Dalam Pengawasan (ODP) tercatat sebanyak 697 orang atau bertambah sebanyak 13 orang.

Sedangkan pasien dalam pengawasan ( PDP ) tidak ada perubahan di angka 6 orang.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved