New Normal di Malang

Hari Pertama Masa Transisi, Ada Banyak Pelanggaran di Malang, Forkopimda: Bayi Wajib Pakai Masker

Forkopimda Kota Malang sidak pusat perbelanjaan di masa transisi new normal, penerapan protokol kesehatan kurang, bayi juga harus pakai masker.

TRIBUNMADURA.COM/KUKUH KURNIAWAN
Forkopimda Kota Malang saat sidak pusat perbelanjaan (mall), Senin (1/6/2020). 

TRIBUNMADURA.COM, MALANG - Hari pertama masa transisi new normal, Forkopimda Kota Malang sidak pusat perbelanjaan, Senin (1/6/2020).

Ada dua tempat yang dilakukan sidak oleh Forkopimda. Yaitu pusat perbelanjaan (mall) Malang Town Square dan Transmart yang terletak di Jalan Veteran, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Dalam sidak tersebut, masih banyak ditemukan beberapa pelanggaran protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Aparat Gabungan Lakukan Patroli Skala Besar, Warga Sidoarjo Masih Nongkrong Saat Jam Malam PSBB

Kasus Covid-19 di Kota Malang Masih Tinggi, Warga Kampung Warna-warni Jodipan Enggan Membuka Wisata

FAKTA Sebaran Corona Jatim, Balita & Anak Sekolah Paling Sedikit Tertular, Dominasi Usia 40-49 Tahun

Misal pengunjung lupa memakai masker, tidak melakukan kewajiban pemberian cairan hand sanitizer bagi pengunjung sebelum masuk ke mall, serta tidak melakukan pencatatan identitas pengunjung mall.

"Tidak hanya itu, untuk personel keamanan mall yang berjaga di pintu masuk masih kurang. Seharusnya minimal ada tiga orang. Dimana perannya adalah satu orang bertugas mencatat identitas pengunjung, satu orang memeriksa suhu tubuh pengunjung dan satu orang lainnya memberikan cairan hand sanitizer ke pengunjung," ujar Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata kepada TribunMadura.com.

Tidak hanya itu, dirinya meminta kepada manajemen mall untuk menyiapkan masker cadangan.

"Kami lihat banyak anak kecil serta bayi tidak dipakaikan masker oleh orang tuanya. Daripada mereka pulang kembali, lebih baik diberi masker cadangan tersebut," tambahnya.

Sekretaris Daerah Kota Malang, Wasto menerangkan pihaknya telah memberikan teguran pertama secara lisan kepada mall dan tenant yang melanggar protokol kesehatan.

"Intinya meski pelanggaran kecil tetap kami ingatkan. Agar pelanggaran tersebut dapat segera dibenahi. Dan kami minta kepada Satpol PP agar besok dilakukan cek ulang. Untuk memastikan jangan sampai teguran pada hari ini tidak diindahkan," tegasnya.

Jadwal Acara TV Trans TV RCTI SCTV Trans 7 Net TV ANTV Selasa 2 Juni 2020, Ada Film American Sniper

9 Petani di Kota Batu Positif Covid-19, Sehari Ada 12 Orang Terkonfirmasi Corona di Desa Giripurno

Katalog Promo Alfamart 1 Juni - 15 Juni 2020, Harga Spesial Kebutuhan Dapur Didominasi Minyak Goreng

Sementara itu, Dandim 0833 Kota Malang, Letkol Inf. Tommy Anderson mengungkapkan bahwa personel gabungan akan segera ditempatkan di tempat keramaian yang telah beroperasi.

"Hari ini kami cek tempat keramaian mana saja yang telah buka. Sehingga kami dapat langsung menempatkan personel gabungan," bebernya.

Di sisi lain, Tommy Anderson juga meminta kesadaran masyarakat mematuhi protokol kesehatan.

"Kami berharap kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan. Kami minta masyarakat menjadikan protokol kesehatan sebagai aktivitas sehari hari. Dan kami minta agar masyarakat jangan euforia dulu. Selalu patuhi protokol kesehatan dan jangan keluar rumah bila tidak ada aktivitas yang tidak terlalu penting," tandasnya.

Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: Elma Gloria Stevani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved