Breaking News:

Virus Corona di Surabaya

Alumni RS Lapangan Covid-19 Minta Masyarakat Hilangkan Stigma Negatif Pasien Corona yang Sembuh

Selain terserang secara fisik, pasien Covid-19 juga mengalami serangan psikis berupa pengucilan dari masyarakat sekitar.

TRIBUNMADURA.COM/DIDIK MASHUDI
Ilustrasi - Petugas medis membawa pasien OTG dari klaster pabrik rokok di Tulungagung untuk dirawat di RSUD Kilisuci, Kota Kediri. 

TRIBUNMADURA.COM - SURABAYA - Selain terserang secara fisik, pasien Covid-19 juga mengalami serangan psikis berupa pengucilan dari masyarakat sekitar.

Salah satu yang merasakan adalah pasien pertama di Rumah Sakit Lapangan Covid-19 Jawa Timur, Ferry.

Ferry menilai, stigma negatif dari masyarakat kepada pasien Covid-19 masih dirasakan bahkan saat pasien tersebut sudah sembuh.

Ada Karyawan Terpapar Covid-19, Gugus Tugas: Bank BRI Kantor Wilayah Malang Belum Jadi Klaster Baru

Padahal dukungan dari masyarakat sekitar baik saat menjalani perawatan maupun setelah sembuh sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

"Saat di rumah sakit lapangan kita sudah saling menguatkan dan saling menyemangati. Untuk itu hilangkan stigma negatif kepada pasien apalagi yang sudah sembuh," kata Ferry di RS Lapangan Covid-19 Jawa Timur saat acara talk show tangguh lawan Corona, Rabu (8/7/2020).

Survivor Covid-19, Dea Winnie juga mengakui adanya dampak sosial masyarakat yang diterima keluarganya walaupun sudah dinyatakan sembuh.

"Ada yang masih takut walaupun sudah dua kali swab dan hasilnya sudah negatif," kata Dea.

Menurut Dea, seharusnya masyarakat harus saling membantu dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Apalagi kebanyakan orang yang terpapar Covid-19 juga terdampak secara ekonomi.

"Dari sisi ekonomi kami tentu juga terdampak karena tidak bisa bekerja," lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Program Pendampingan Keluarga Pasien RS Lapangan Covid-19 Jawa Timur, Radian Jadid menegaskan Covid-19 tidak bisa diatasi secara parsial melainkan harus gotong royong.

Radian menjelaskan, jika ada seorang pasien yang terpapar Covid-19, bukan hanya pasien saja yang perlu ditangani tapi juga keluarganya.

Halaman
12
Penulis: Sofyan Candra Arif Sakti
Editor: Elma Gloria Stevani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved