Breaking News:

Virus Corona di Pamekasan

Satu Karyawan Positif Covid-19, Puskesmas Teja Jungcangcang Pamekasan Ditutup Selama 14 Hari

Puskesmas Teja Pamekasan, Kecamatan Kota Pamekasan, terpaksa ditutup selama 14 hari ke depan, mulai Kamis (3/12/2020) hingga Rabu (16/12/2020).

TRIBUNMADURA.COM/MUCHSIN RASJID
Puskesmas Teja, di Jl Teja Pamekasan ditutup dan diberi pengumuman. 

TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Teja Pamekasan, Kecamatan Kota Pamekasan, terpaksa ditutup selama 14 hari ke depan, mulai Kamis (3/12/2020) hingga Rabu (16/12/2020) mendatang.

Ditutupnya layanan bagi pasien yang akan berobat ke Puskesmas di Jl Teja, Kelurahan Jungcangcang ini, lantaran salah seorang karyawan di Puskesmas bernisial BS, berdasarkan hasil tes swab dinyatakan terkonfimasi positif Covid-19.

Penutupan ini juga berdasarkan surat balasan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan, ditandatangi Plt Kadinkes Pamekasan, Achmad Marsuki, tertanggal 2 Desember 2020 yang ditujukan kepada  Plt UPT Puskesmas Teja, perihal penutulan layanan Puskesmas Teja.

Baca juga: Wali Kota Malang Jalani Isolasi Mandiri, Wawali dan Ketua DPRD Negatif, Sekda Positif Covid-19

Baca juga: Balasan Menohok Sule ke Teddy yang Singgung Harta Warisan Lina: Mungkin Dia Mau Masuk Infotainmen

Baca juga: 11 Petugas KPPS Terkonfirmasi Positif Covid-19, KPU Ponorogo: Tidak Ada Penggantian

Baca juga: Siti Badriah Sering Tolak Ajakan Krisjiana untuk Bercinta, Nikita Mirzani Langsung Semprot : Dosa!

Dalam surat itu, disebutkan dengan mempertimbangkan perluasan penyebaran Covid-19, di wilayah Puskesmas Teja dan jaringannya ditutup dan tidak memberikan layanan kesehatan.

Selama masa penutupan, pelayanan Puskesmas Teja dialihkan ke Puskesmas Kowel, Puskesmas Pademawu dan Puskesmas Tlanakan.

Disebutkan pula, semua karyawan melakukan isolasi mandiri  dengan selalu memakai masker. Tidak pergi ke ruang publik. Selama di rumah, menggunakan kamar terpisah dan menerapkan PHNS. Selanjutnya dilakukan disenfeksi di Puskesmas satu kali setiap hari. Jika ada keluhan  flu, batuk, panas agar berkonsultasi ke pelayanan kesehatan.

Kasubbag TU Puskesmas Teja, Abu Mutfari, Kamis (3/12/2020), mengatakan, dari pemeriksaan swab pada, Kamis (26/11/2020) lalu, terdapat salah satu karyawan terkonfimasi positif Covid-19.

Baca juga: Gunung Semeru Keluarkan Awan Panas hingga Muntahkan Lava Pijar, Ada 5 Kali Suara Letusan

Baca juga: Cerita Munimah Korban Selamat Kecelakaan Maut di Tol Madiun-Nganjuk, Hendak ke Madura untuk Melayat

Baca juga: Gaji Boy William di Indonesian Idol vs Chef Arnold Sebagai Juri MasterChef, Mana yang Paling Gede?

Baca juga: Detik-detik Mencekam Rumah Ibunda Mahfud MD Digeruduk, Sang Adik: Sesama Madura, Keluarlah Mahfud!

“Kami sebelumnya sudah melapor ke dinkes mengenai karyawan kami yang positif, sehingga untuk 14 hari ke depan, layanan kesehatan di tempat kami ditutup,” papar Abu Mutfari.

Dikatakan, dengan ditemukannya seorang karyawan yang positif, selanjunya seluruh karyawannya Puskesmas Teja, dilakukan rapid test.

Hasilnya sebagian reaktif dan sebagian non reaktif. Bagi karyawan yang melalukan kontak langsung dengan BS, dilakukan swab di RSUD Slamet  Martodirdjo Pamekasan.

Sementara, agar masyarakat yang akan berobat mengerti kalau Puskesmas Teja ditutup dan bisa memilih layanan di puskesmas lain, di depan UPT Puskesmas Teja dan depan UGD Puskesmas Teja, dipampang pengumuman yang mencolok dengan tulisan mohon maaf layanan di UPT Puskesmas Teja, ditutup sementara selama 14 hari, berikut tiga pilihan untuk layanan puskesmas.

Penulis: Muchsin Rasjid
Editor: Elma Gloria Stevani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved