Breaking News:

Pelantikan Kepala Daerah di Jawa Timur

Khofifah Minta Kepala Daerah di Jatim yang Baru Dilantik Percepat Pencairan dan Realisasi Dana Desa

Gubernur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan pesan pentingnya kepada kepala daerah yang baru dilantik agar mempercepat pencairan dana desa. 

TRIBUNMADURA.COM/SUGIHARTO
Pelantikan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten/Kota di Jawa Timur 2021 sesi pertama, Jumat (26/2/2021) 

Reporter: Fatimatuz Zahroh | Editor: Elma Gloria Stevani

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Dalam sambutannya setelah melantik 6 pasangan kepala daerah hasil Pilkada Serentak 2020 , Jumat (26/2/2021) pagi pukul 09.00 WIB, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan pesan pentingnya kepada kepala daerah yang baru dilantik agar mempercepat pencairan dana desa. 

Pasalnya, pencairan dana desa diharapkan menjadi salah satu pengungkit pertumbuhan ekonomi Jawa Timur. Khususnya dalam rangka meningkatkan konsumi dan daya beli dalam keluarga di masyarakat pedesaan. 

"Sekarang kita masih ada dalam suasana PPKM mikro, artinya bupati, wakil bupati sangat diharapkan kecepatan, ketepatan, dan detail dalam bekerja. Penyebaran covid-19 di Jatim memang sudah melandai tapi harus kita tekankan bersama ini belum berhenti," tegas Khofifah.

Baca juga: BREAKING NEWS - 6 Kepala Daerah di Jawa Timur Resmi Dilantik di Sesi Pertama, Berikut Daftarnya

Baca juga: 6 Amalan Hari Jumat di Bulan Rajab, Salat Sunnah Setelah Salat Jumat, Kesempatan Emas Panen Pahala

Baca juga: Efektivitas PPKM Skala Mikro di Kabupaten Kediri, Kapolres Kediri Ungkap Tak Ada Lagi RT Zona Oranye

Baca juga: Tak Kunjung Pulang, Kakek Pikun Asal Magetan Ditemukan Tewas Bersandar di Jurang Sedalam 15 Meter

Pesan Presiden Joko Widodo, Gubernur Khofifah melanjutkan, adalah kepala daerah harus paham kontrol gas dan rem. Bahkan Presiden Jokowi mengarahkan agar bulan April ekonomi nasional sudah take off setelah di masa pandemi terjadi kontraksi ekonomi. 

Maka di daerah, harus dilakukan sejumlah langkah percepatan untuk bisa meningkatkan perekonomian daerah. Salah satunya, Gubernur Khofifah meminta kepala daerah segera mencairkan dan merealisasikan dana desa. 

"Maka saya mohon, saya titip, tolong pastikan dana desa bisa teralisir dengan baik. Dan diharapkan sampai Maret sudah bisa masuk ke rekening sebesar 40 persen," kata Khofifah. 

Realisasi dana desa ini penting, sebab, dikatakan Khofifah, dari PDRB Jawa Timur, sebesar 62 persennya ditopang dari konsumsi rumah tangga. Sehingga daya beli masyarakat di tataran rumah tangga harus ditingkatkan, setelah selama pandemi, daya beli masyarakat menurun drastis. 

"Kalau dana desa bisa dipercepat distribusinya, maka kami harap ini bisa mendatangkan multiplier effect, yang akan meningkatkan konsumsi dan meningkatkan ekonomi daerah," tegas Khofifah. 

Tidak hanya itu, Gubernur Khofifah juga turut menyampaikan pesan Presiden agar seluruh kepala daerah bisa bekerka cepat dan detail. Sedangkan ia sendiri menambahkan agar kepala daerah harus bekerja cepat tepat dan detail.

"Cettar ini tagline kami, gimana kita bisa kerja cepat, efektif dan efisien. Gimana kita lakukan kerja kerja transpran, tanggap dan akuntabel, dan juga responsif," tegasnya. 

Begitu selesai dilantik, Gubernur Khofifah juga meminta agar seluruh kepala daerah segera tancap gas menyelaraskan dengan DPRD menyusun RPJM dan juga RKP. 

Ia mengingatkan bahwa RPJMD di kabupaten kota harus selaras dengan RPJMD di tingkat provinsi.  Ia turut mengingatkan bahwa rpjmn telah mengalami revisi, gimana RPJMN meminta ada reformasi sistem kesehatan nasional. 

"Salah satu yang jadi ujung tombak adalah peningkatkan kualitas SDM. Secara lebih spesifik presiden meminta untuk meningkatkan  penurunan stanting. Jadi saya pesan, ketua penggerak PKK agar ini menjadi perhatian," pungkasnya.

Baca juga: Pelantikan 17 Kepala Daerah di Jatim Dibagi Jadi 3 Sesi, Sesi Pertama Digelar dengan Prokes Ketat

Baca juga: Nasib Akhir Bripka CS Mabuk Tembak Anggota TNI & Pegawai Kafe, Dipecat hingga Tak Dapat Uang Pensiun

Baca juga: Siapa Bripka CS? Inilah Profil Bripka Cornelius Siahaan, Tersangka Penembakan Anggota TNI di RM Cafe

Baca juga: Isu Selingkuh Bikin Geger, Nissa Sabyan Masih Bungkam, Ayus Minta Maaf, Adik Ririe Fairus Ya Kesal

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved