Breaking News:

Ramadan 2021

Bacaan Doa Qunut Subuh dan Doa Qunut Nazilah Lengkap Arab, Latin, Terjemahan dalam Bahasa Indonesia

Berikut bacaan doa Qunut Subuh dan Qunut Nazilah lengkap dengan bahasa Arab, Latin, beserta terjemahan bahasa Indonesia.

Pixabay
Qunut adalah doa yang diucapkan sambil berdiri tegak dalam Islam yang hukumnya sunnah. Doa Qunut biasanya dibacakan saat menjalankan ibadah sholat subuh lebih tepatnya saat rakaat kedua. 

Editor: Elma Gloria Stevani

TRIBUNMADURA.COM - Qunut adalah doa yang diucapkan sambil berdiri tegak dalam Islam yang hukumnya sunnah. Doa Qunut biasanya dibacakan saat menjalankan ibadah sholat subuh lebih tepatnya saat rakaat kedua.

Apabila ibadah sholat subuh dilaksankan secara berjamaah, maka imam dianjurkan untuk membacakan doa Qunut dengan mengeraskan suaranya dan mengangkat kedua tangan seperti berdoa yang diikuti oleh para makmum di belakangnya.

Doa Qunut dibagi menjadi dua macam yaitu doa Qunut Subuh dan doa Qunut Nazillah.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya doa Qunut Subuh dibaca saat melaksakan sholat subuh pada i’tidal rakaat akhir.

Sedangkan doa Qunut Nazilah dibaca selain pada salat subuh namun bisa juga dibaca pada salat subuh, makna dari doa Qunut Nazilah lebih kepada meminta perlindungan dari mara bahaya.

Berikut bacaan doa Qunut Subuh dan Qunut Nazilah lengkap dengan bahasa Arab, Latin, beserta terjemahan bahasa Indonesia.

Pengertian Qunut

Kata Qunut dalam bahasa Arab berasal dari akar kata qanata (قنت), yang artinya adalah ‘merendahkan diri kepada Allah SWT’.

Dalam syariat, istilah qunut bisa diartikan sebagai ‘berdoa kepada Allah SWT sebagai wujud penghambaan dan ketaatan’.

Halaman
1234
Editor: Elma Gloria Stevani
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved