Ramadan 2021

Waktu dan Tanda Munculnya Malam Lailatul Qadar, Cuaca yang Tenang hingga Rembulan Pancarkan Cahaya

Waktu dan tanda-tanda datangnya malam Lailatul Qadar di 10 hari terakhir bulan Ramadan. Dilengkapi doa dan amalan yang dianjurkan.

Pixabay.com
Ilustrasi senja di bulan Ramadan. Lailatul Qadar adalah sebuah malam yang memperingati salah satu peristiwa bersejarah dalam agama Islam, yakni ketika pertama kali malaikat Jibril menyampaikan perintah Allah Kepada Nabi Muhammad SAW. 

Editor: Elma Gloria Stevani

TRIBUNMADURA.COM - Malam Lailatul Qadar adalah malam yang paling ditunggu oleh ummat Muslim pada bulan Ramadan.

Lailatul Qadar adalah sebuah malam yang memperingati salah satu peristiwa bersejarah dalam agama Islam, yakni ketika pertama kali malaikat Jibril menyampaikan perintah Allah Kepada Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, malam Lailatul Qadar juga disebut sebagai 1000 bulan

Pada malam yang disebut juga sebagai 1000 bulan ini banyak amalan yang yang bisa dikerjakan.

Amalan pada malam Lailatul Qadar akan Allah SWT lipatgandakan pahalanya selayaknya beribadah selama 1000 bulan.

Menurut hadits yang diriwayatkan oleh HR. Imam Muslim yang menyebutkan "Malam itu adalah malam yang cerah, yaitu malam kedua puluh tujuh (dari bulan Ramadan). Dan tanda-tandanya ialah pagi harinya matahari terbit berwarna putih tanpa memancarkan sinar ke segala penjuru."

Dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Miftahulhaq MSi menjelaskan Lailatul Qodar disebut juga malam kemuliaan.

Pasalnya, pada malam itu, Allah SWT mencurahkan kemuliaan kepada seluruh makhluk dengan diturunkanya malaikat ke muka bumi.

Lantas, kapan datangnya malam Lailatul Qadar?

Miftahulhaq mengatakan, datangnya malam Lailatul Qadar adalah rahasia Allah SWT.

"Kita tidak pernah mengetahui, kapan Allah SWT akan menjadikan malam itu sebagai malam Lailatul Qadar," kata Miftahulhaq dalam tayangan OASE Tribunnews.com ( grup TribunMadura.com ), Jumat (1/5/2021).

Meski demikian, lanjut Miftahulhaq, ada beberapa referensi dari hadis seperti yang diriwayatkan Aisyah RA, Rasulullah SAW mengatakan, datangnya malam Lailatul Qadar adalah pada malam-malam ganjil dari 10 hari terakhir bulan Ramadan.

"Maka kemudian, Rasulullah memerintahkan untuk carilah atau intailah keberkahan di 10 hari malam terakhir di bulan Ramadan," ujar dia.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved