Virus Corona di Jawa Timur

Kasus Baru Penularan Virus Corona Varian B117 dan B1351 dari Pekerja Migran asal Sampang dan Jember

Ada sebanyak 2 kasus dengan virus corona varian baru yang berbeda yaitu B117 asal UK, dan varian B1351 asal Afrika Selatan yang masuk ke Jatim.

TRIBUNMADURA.COM/FATIMATUZ ZAHROH
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat diwawancara setelah Rakor terkait tenaga migran di Kantor Disnakertrans Jatim, Senin (17/5/2021). 

Reporter: Fatimatuz Zahroh| Editor: Elma Gloria Stevani

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan bahwa pasien asal Jatim yang terjangkit virus corona varian baru, kini tengah dirawat dengan baik dan dengan pemantauan yang sangat ketat. 

Ada sebanyak 2 kasus dengan virus corona varian baru yang berbeda yaitu B117 asal UK, dan varian B1351 asal Afrika Selatan yang masuk ke Jawa Timur lewat pekerja migran

Deteksi virus corona baru itu didapatkan setelah adanya tes PCR pada seluruh tenaga migran yang pulang kampung ke Jatim, dan dilakukan sequencing. Dan didapati ada sebanyak 2 orang yang terjangkit virus corona varian baru.

Baca juga: Pengetatan Perjalanan Setelah Larangan Mudik 18-24 Mei, Keluar Masuk Ponorogo Bawa Surat Kesehatan

"Jadi memang ada dua varian yang berbeda, satu kasus B117 itu, berarti strain UK, kemudian 1 varian B1351 dari Afrika Selatan. Mereka ini sedang dirawat di rumah sakit darurat lapangan Indrapura, mereka ditempatkan di kamar khusus, baik yang dari sampang maupun dari Jember," tegas Khofifah Indar Parawansa , dalam wawancara setelah rakor di kantor Disnakertrans terkait tenaga migran, Senin (17/5/2021). 

Ditegaskan Khofifah Indar Parawansa bahwa mereka semua dalam penanganan yang ketat.

Mereka dirawat terpisah dengan pasien yang lain dan juga diisiolasi secara sangat ketat. Hal itu dilakukan agar strain baru ini tidak sampai menular ke orang lain. 

"Jadi seluruh pasien di rumah sakit lapangan nggak usah khawatir karena proses penanangannannya insya allag aman," tandasnya. 

Dua orang yang terjangkit virus corona varian baru ini adalag PMI asal Jember dan Sampang. Mereka merupakan tenaga migran yang bekerja di Malaysia. 

Untuk itu, selain melakukan perawatan pada yang terjangkit, kini Pemprov Jatim juga melakukan tracing pada para PMI yang berkontak dengan dua orang tersebut. 

"Kami meminta kadinkes untuk dilakukan mitigasi yang melakukan kontak erat baik di pesawat maupun di Asrama Haji. Agar semua yang kemungkinan ada kontak juga dites dan terdeteksi jika ada penularan," tegas Khofifah. 

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Jatim, Herlin Ferliana. Ia menyampaikan bahwa kasus varian baru ini merupakan kasus baru yang masuk di Jatim. 

Sebelumnya, telah ditemukan juga kasus covid-19 dengan virus varian baru dari Kongo yang ditemukan dari tenaga migran asal Mojokerto. 

"Yang Mojokerto itu strain UK, B117. Hasilnya bagus, setelah dilakukan tracing dan isolasi, alhamdulillah tidak ada penularan. Semoga yang dua orang ini yang dari Sampang dan Jember ini bisa kita tangani dengan baik, sekarang keduanya di Indrapura," pungkas Herlin.

Baca juga: BREAKING NEWS - Tiga Tersangka Pembacokan Bermodal Celurit dan Parang di Sumenep Ditangkap Polisi

Simak artikel lain terkait Virus Corona, Gubernur Jawa Timur, Jawa Timur

FOLLOW US:

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved