Breaking News:

Virus Corona di Jawa Timur

Dampak Libur Lebaran Terlihat dalam Dua Pekan, Kasus Covid-19 di Jatim Per Hari ini Bertambah 254

Dampak libur Lebaran 2021 di Jawa Timur diprediksi baru akan terlihat dalam dua pekan ke depan.

Penulis: Fatimatuz Zahroh | Editor: Ayu Mufidah Kartika Sari
TRIBUNMADURA.COM/ACHMAD ZAIMUL HAQ
Petugas gabungan saat standby di pintu masuk Surabaya di bundaran Waru pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hari pertama, Senin (11/1). 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Dampak libur Lebaran 2021 di Jawa Timur diprediksi baru akan terlihat dalam dua pekan.

Per Rabu (19/5/2021) hari ini, tambahan Covid-19 di Jawa Timur ada sebanyak 254 kasus baru.

Tambahan kasus baru Covid-19 di Jawa Timur tersebut disumbang terbanyak dari Kabupaten Madiun sebanyak 27 kasus, Kabupaten Banyuwangi sebanyak 21 kasus, 20 kasus dari Kabupaten Magetan, dan 18 kasus dari Kota Surabaya.

Kemudian, 18 kasus dari Kabupaten Ponorogo, 17 kasus dari Trenggalek, 12 kasus dari Kabupaten Kediri dan 11 kasus dari Kabupaten Malang.

Lainnya tambahan kasus di bawah 10 kasus juga muncul di Bojonegoro, Bangkalan, Pacitan, Sidoarjo, dan Nganjuk.

Baca juga: Covid-19 Varian Baru Ditemukan di Sampang Madura, Diduga Dibawa Pekerja Migran Indonesia dari Afrika

Juru Bicara Satgas Covid-19 Jawa Timur, Makhyan Jibril Al Farabi mengatakan, saat ini belum ada tanda-tanda adanya lonjakan kasus dampak dari libur lebaran Idul Fitri 2021.

"Memang idealnya baru akan tampak dalam waktu dua minggu pasca lebaran, ada lonjakan atau tidak. Kalau sekarang masih belum terlihat," tegas Jibril.

Saat ini, Jawa Timur bertahan tanpa zona merah Covid-19.

Zona oranye di Jawa Timur ada sebanyak 21 kabupaten/kota, di antaranya Kota Mojokerto, Kota Surabaya, Kota Kediri, Sidoarjo, Madiun, Kota Pasuruan, Kota Malang, Nganjuk, Ngawi.

Lalu, ada Kota Batu, Trenggalek, Ponorogo, Magetan, Kota Blitar, Blitar, Kota Madiun, Pacitan, Tulungagung, Gresik, Banyuwangi dan Situbondo.

Sedangkan untuk zona kuning tersebar di 17 kabupaten kota di Jawa Timur, seperti Pamekasan, Probolinggo, Bondowoso, Sampang, Sumenep, Lumajang, Bangkalan, Lamongan, Pasuruan, Tuban.

Ada juga Jember, Jombang, Kediri, Mojokerto, Malang, Bojonegoro, dan Kota Probolinggo.

"Kasus aktif covid-19 di Jatim saat ini tinggal 1.437 kasus. Atau 0,95 persen dari total kasus sebangak 151.931 kasus. Tingkat kesembuhan 91,75 persen dan tingkat kematian 7,3 persen," kata Jibril.

Saat ini transmission rate covid-19 di Jatim sudah di angka 0,95. Dengan daerah yang tingkat penyebaran kasusnya masih di atas 1 ada sebanyak delapan daerah.

Delapan daerah itu di antaranya, Kota Batu, Kabupaten Blitar, Kota Surabaya, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Malang, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Bojonerogo, dan Pacitan.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved