Breaking News:

Virus Corona di Gresik

Ratusan Santri Asal Gresik Lakukan Rapid Test Antigen Gratis Sebelum Kembali ke Pondok Pesantren

Ratusan santri asal Kabupaten Gresik, beramai-ramai melakukan rapid test antigen di sejumlah puskesmas sebelum balik ke pondok pesantren (Ponpes).

Penulis: Willy Abraham | Editor: Elma Gloria Stevani
TRIBUNMADURA.COM/WILLY ABRAHAM
santri dites rapid antigen gratis di Puskesmas Manyar, Gresik, Sabtu (22/5/2021). 

Reporter: Willy Abraham| Editor: Elma Gloria Stevani

TRIBUNMADURA.COM, GRESIK - Ratusan santri asal Kabupaten Gresik, beramai-ramai melakukan rapid test antigen di sejumlah puskesmas sebelum balik ke pondok pesantren (Ponpes).

Salah satunya adalah di Puskesmas Manyar. Di tempat tersebut, sudah tiga hari para santri antre melakukan rapid tes antigen gratis.

Selain di Puskesmas Manyar, rapid test juga dilakukan di beberapa puskesmas yang tersebar di Kabupaten Gresik.

Mulai dari pusat kota seperti Puskesmas Alun-alun, di wilayah selatan seperti di wilayah Menganti dan puskesmas Karangandong.

Menurut data Rabithoh Ma’had Islamiah (RMI) Kabupaten Gresik, tercatat ada 2 ribu santri yang sudah menjalani rapid test untuk persyaratan kembali ke ponpes masing-masing. Para santri di Gresik melakukan hal ini karena mereka mulai kembali ke ponpes yang tersebar di Jawa Timur. Rapid tersebut difasilitasi Pemkab Gresik.

Baca juga: Diduga Terlibat Pesta Sabu, 3 Oknum Polisi Probolinggo Digerebek di Vila Tretes Kabupaten Pasuruan

Ahmad Mudhlor salah satu santri asal Lirboyo Kediri mengaku senang, fasilitas rapid test antigen diberikan gratis oleh Pemkab Gresik. Dia pun merasa tenang saat akan ke kembali ke pondok pesantren, karena wajib menyertakan surat kesehatan bebas Covid-19.

"Alhamdulilah dari Pemkab Gresik telah memfasilitasi para santri rapid test antigen, apalagi tidak dipungut biaya,” kata dia, Sabtu (22/5/2021).

Baca juga: Di Lampu Merah Jokotole Pamekasan Ada ‘Pocong’ Kampanyekan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19

Plt Kepala Puskesmas Manyar, dr Ovaldo Kurniawan menuturkan, pihaknya jauh hari sudah menyiapkan rapid tes antigen terhadap para santri yang akan kembali ke ponpes. Terhitung sejak tiga hari lalu, memfasilitasi santri rapid test antigen.

"Rapid test antigen bagi para santri yang mau kembali ke ponpes sebagai persyaratan. Di puskesmas Manyar total 294 santri,” tuturnya.

FOLLOW US:

 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved