Breaking News:

Berita Ponorogo

Edi Rohmat Dibebaskan dari Kasus Pasung, Bupati Sugiri Targetkan Bulan Depan Ponorogo Bebas Pasung

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko membebaskan pasung ER, Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang beralamat di Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo.

Editor: Elma Gloria Stevani
TRIBUNMADURA.COM/SOFYAN ARIF CANDRA SAKTI
Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko membebaskan pasung Edi Rohmat, orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang beralamat di Dukuh Wotan, Desa Ngumpul, Kecamatan Balong, Ponorogo, Jumat (28/5/2021). 

Reporter: Sofyan Arif Candra | Editor: Elma Gloria Stevani

TRIBUNMADURA.COM, PONOROGO - Salah seorang bernama Edy Rohmat (38), warga di Desa Ngampel, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo, dilepaskan pasung di bagian tangan dan kaki, setelah sebelumnya mengalami gangguan jiwa.

Karena warga tersebut dirasa sudah kondisi baik dan dinyatakan sembuh, pelepasan pasung Edy Rohmat dilakukan langsung oleh Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, Jumat (28/5/2021).

Sugiri yang datang bersama Kepala Dinas Kesehatan Ponorogo, Rahayu Kusdarini membuka langsung gembok rantai yang melilit kaki kiri Edy Rohmat.

Menurut Sugiri Sancoko menjelaskan, pihaknya bersama Dinas Kesehatan Ponorogo melakukan pelepasan pasung bagi warga yang mengalami gangguan jiwa.

"Ini dalam rangka zero pasung, kami ingin tidak ingin ada orang dipasung di Kabupaten Ponorogo. Bulan Juni mudah-mudahan sudah tuntas dan tidak ada pasung lagi," kata Kang Giri, sapaan akrabnya, Jumat (28/5/2021).

Kang Giri menyebutkan saat ini masih ada 15 ODGJ di Ponorogo yang masih terpasung.

"Akan kami obati, sembuhkan dan dikembalikan ke masyarakat. Jika masyarakat masih ragu maka kami rawat, hidupi, muliakan selamanya," tambahnya.

Baca juga: Bisakah Mendaftar CPNS Sekaligus PPPK 2021? Berikut Jawabannya Menurut Kementerian PANRB

Kang Giri mengimbau pada masyarakat jika ada saudara atau tetangganya yang masih dipasung bisa segera lapor ke pemerintah mulai dari pemerintah desa hingga Pemerintah Kabupaten Ponorogo.

"Masyarakat harus ikut berpartisipasi dan jangan malah dicibir," lanjutnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved