Virus Corona di Jawa Timur

Gubernur Khofifah Indar Parawansa Kembali Positif Covid-19, Wagub Emil Dardak Segera Tes Swab PCR

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa kembali terkonfirmasi positif Covid-19. Wakil Gubernur Jawa Timur Emil akan melakukan tes swab PCR.

TRIBUNMADURA.COM/ACHMAD ZAIMUL HAQ
Wakil Gubernur Jatim, Emil Dardak saat disuntik vaksin Covid-19, di Grahadi, Kamis (14/1/2021) pagi. 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa kembali terkonfirmasi positif Covid-19, Jumat (25/6/2021). Hasil tersebut berdasarkan PCR Swab Test yang dilakukan tim RSU dr Soetomo Surabaya pada Kamis (24/6/2021) malam. Khofifah menyampaikannya melalui akun Instagram pribadi miliknya @khofifah.ip, hari ini.

“Berdasarkan hasil PCR Swab Test yang dilakukan tim RSU dr Soetomo Surabaya, Kamis (24/6/2021) malam, pagi ini saya dinyatakan Positif Covid-19,” tulis Khofifah pada caption yang diunggahnya.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengaku baru saja melakukan swab antigen dan akan segera melakukan tes swab PCR setelah Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa terkonfirmasi positif covid-19, Jumat (25/6/2021). 

Tapi menurutnya ia sendiri tidak termasuk dalam kontak erat Gubernur Khofifah. Sebab ia terakhir bertemu dengan Gubernur Khofifah, Minggu (20/6/2021).

Padahal yang disebut dengan kontak erat adalah merela yang memiliki interaksi dalam kurun waktu dua hingga tiga hari terakhir. 

"Kalau saya kebetulan baru melakukan antigen dan saya tentu akan swab dalam waktu dekat. Jadi kontak erat didefinisikan sebagai orang yang memang bertemu dalam jangka waktu sekitar 2-3 hari.

Saya terakhir ketemu Ibu itu Minggu pagi pada saat pelantikan Bupati Tuban. Tapi tentunya untuk langkah preventif kami akan melakukan swab juga," tegas Emil. 

Lebih lanjut Emil menegaskan bahwa hasil swab Khofifah pagi ini memang menunjukkan hasil positif terkonfirmasi covid-19. Namun ia menjelaskan bahwa kondisi Khofifah sangat stabil dan sehat. 

Bahkan menurut Emil Dardak, Khofifah berkomitmen untuk tetap melakukan kerja-kerja pemerintahan sebagai Gubernur dengan pendekatan virtual. Hal itu juga yang dilakukan saat ia positif Covid-19 yang pertama kali pada Januari 2021 lalu. 

"Alhamdulillah kondisi Ibu Gubernur walaupun positif tetapi masih bisa berkoordinasi dengan baik. Jadi kita doakan Ibu tetap tanpa gejala dan segera diberikan kesembuhan.

Kemungkinan ibu akan melakukan isolasi di salah satu rumah dinas Pemprov, kalau merujuk kepada bulan Januari lalu dan ibu akan tetap melakukan pekerjaan pekerjaan sebagai gubernur dengan menggunakan pendekatan daring atau digital," tegasnya. 

Lebih lanjut Emil menegaskan bahwa kontak kontak erat Gubernur Khofifah saat ini langsung dilakukan swab. Mereka juga melakukan isolasi mandiri juga sembari menunggu hasil PCR. 

Meski begitu ia menegaskan bahwa upaya upaya penanggulangan Covid-19 akan terus dilakukan tanpa jeda.

Penanganan kasus yang melonjak di Bangkalan, juga Banyuwangi dan juga Surabaya dan Bondowoso menjadi prioritas karena tengah melonjak penambahan kasus hariannta. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved