Berita Pamekasan

Bahas Pergantian Wabup Pamekasan, Koalisi Partai Pengusung Berbaur Sowan ke Tokoh dan Elit Politik

Koalisi partai pengusung melakukan sowan terkait kepastian kapan pengisian Wabup Pamekasan yang kosong enam bulan terakhir.

TRIBUNMADURA.COM/MUCHSIN
Pertemuan antara koalisi partai pengusung Berbaur dan Ketua Dewan Suro DPC PBB Pamekasan, H Sholehoddin, Sabtu (26/6/2021) malam. 

TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN – Koalisi partai pengusung pasangan Bupati Pamekasan dan Wakil Bupati Pamekasan, Baddrut TamamRajae (Berbaur) melakukan sowan ke sejumlah tokoh masyarakat, tokoh ormas.

Tidak hanya itu, mereka juga melakukan dialog dengan forum koordinasi pimpinan daerah (Fokorpimda), elit politik dan partai, menyangkut pengisian posisi Wakil Bupati Pamekasan, yang sudah lama terjadi kekosongan.

Sejak meninggalnya Wakil Bupati Pamekasan, Rajae, pada akhir Desember 2020 lalu, belum ada kepastian kapan pengisian Wabup Pamekasan yang sudah kosong selama enam bulan ini.

Gabungan koalisi sebanyak 8 orang, terdiri atas ketua partai dan sekretaris partai di Pamekasan, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Gerindra mendatangi Ketua Dewan Suro Partai Bulan Bintang (PBB) Pamekasan, H Sholehoddin di rumahnya Desa Dasok, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan.

Selain Sholehoddin yang menemui langsung, gabungan koalisi pengusung juga ini ditemui, Ketua DPC PBB Pamekasan Hamdi dan Sekaris DPC PBB Pamekasan Moh Khomarul Wahyudi.

Hamdi dan Moh Khomarul Wahyudi merupakan anggota DPDR Pamekasan.

Heru Budi Prayitno, Ketua Dewan Pimpinan (DPD) PAN Pamekasan mengatakan, berkaitan dengan pergantian Cawabup Pamekasan, pihaknya melakukan pendalam dengan meminta masukan kepada tokoh masyarakat, tokoh ormas, elit politik, partai. Termasuk nanti juga silaturrahmi dengan Kapolres Pamekasan, Dandim Pamekasan, Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah.

Heru mengungkapkan, langkah koalisi menemui sejumlah tokoh itu, demi menciptakan suasana Pamekasan yang damai, sejuk dan kondusif. Politik tanpa gaduh. Sehingga saran dan masukan dari sejumlah tokoh di Pamekasan ini, diperlukan dan juga menjadi pertimbangan.

Menurut Heru, saat ini sudah terdapat 8 orang Cawabup Pamekasan yang tengah digodok. Kemudian akan dipilih dua nama Cabawup yang akan diajukan nanti ke DPRD Pamekasan.

Delapan orang Cawabup itu terdiri atas tujuh laki-laki dan seorang wanita. Ada yang putra daerah Pamekasan juga dari luar Pamekasan.

“Kami menghendaki dalam pergantian Wabup Pamekasan ini harus sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku, mengikuti aturan dan mekanisme yang ada," kata dia, Sabtu (26/6/2021) malam.

"Nah, delapan nama cawabup yang direkomendasi para tokoh ini, kita dalami dan nanti kita rapat di internal koalisi untuk melahirkan kesimpulan dua nama yang akan kami ajukan ke DPRD Pamekasan,” ujar Heru, yang tidak mau menyebut nama delapan cawabup Pamekasan.

Heru mengaku dari sejumlah tokoh yang ditemui termasuk beliau (Sholehoddin.Red) menyambut positif langkah yang dilakukan koalisi pengusung.

Dan beliau menghendaki kepada koalisi pengusung, agar pengganti posisi alma Raja’e, mengusulkan putra daerah.

Sekretaris DPC PBB Pamekasan, Moh Khomarul Wahyudi mengatakan, pihaknya tidak hanya menghendaki putra maupun putri daerah sebagai pengganti alm Rajae.

Tetapi juga berharap kepada koalisi pengusung Berbaur, agar mengusulkan perwakilan dari pantura. Sebab alm Raja’e, semasa hidup merupakan putra terbaik pantura.

“Yang perlu diingat juga, siapapun nanti yang menjadi wabup Pamekasan, sebagai pengganti posisi alm Raja’e, jangan melupakan jasa alm Raja’e," ucap dia.

"Ke lima anak yatim almarhum, mohon perhatikan juga. Karena faktanya, kemenangan Berbaur pada saat pilkada kemarin, suaranya banyak didukung dari pantura,” kata Khomarul Wahyudi.(sin/muchsin)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved