Breaking News:

Wabah Virus Corona

Gubernur Khofifah Sediakan Layanan Isi Ulang Oksigen Gratis untuk Warga Jatim yang Positif Covid-19

Layanan pengisian tabung oksigen gratis itu akan dimulai besok Sabtu (16/7/2021) pagi, di tiga titik lokasi di Surabaya, Sidoarjo dan Gresik

Penulis: Fatimatuz Zahroh | Editor: Aqwamit Torik
TribunMadura.com/Fatimatuz Zahroh
Gubernur Khofifah saat menerima bantuan oksigen dari BUMN di Jatim, Jumat (16/7/2021) 

Laporan Wartawan TribunMadura.com Network, Fatimatuz Zahroh

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Layanan oksigen gratis untuk warga Jawa Timur bagi yang sedang positif Covid-19 dibagikan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Layanan pengisian tabung oksigen gratis itu akan dimulai besok Sabtu (16/7/2021) pagi, di tiga titik lokasi di Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik.

Warga masyarakat yang isoman diberikan kesempatan mengisi ulang oksigennya bahkan sampai dua kali dalam sehari. Diharapkan layanan ini bisa membantu para warga Jatim yang tengah isoman dan membutuhkan bantuan oksigen.

"Sekarang ini penting kita menyiapkan untuk kebutuhan oksigen bagi yang isoman dan yang sedang di ambulans. Sementara ini kita siapkan di 3 titik layanan pengisian oksigen secara gratis," kata Khofifah, Jumat (16/7/2021).

Per orang bisa mengisi tabung silinder mereka dengan membawa tabung berukuran 1 meter kubik.

Baca juga: Ketersediaan Oksigen Medis di Kabupaten Tulungagung Tak Sebanding dengan Jumlah Pasien RS Darurat

Dengan membasa silinder 1 meter kubik itu masing-masing boleh mengakses sampai dua kali dalam satu hari.

Kenapa kebutuhannya biasanya satu tabung digunaka  4 hingga 5 kali.

Sehingga jika kurang bisa diisi ulang secara gratis sebanyak dua kali dalam sehari.

Tiga titik lokasi pengisian tabung oksigen gratis itu bisa diakses di halaman Kantor Dinas Perhubungan Jawa Timur, kemudian di halaman kantor SAMSAT Gresik dan ketiga bisa diamses di Halaman SAMSAT Sidoarjo.

"Saat ini ada 3 titik. Tapi sekarang ini kita akan mengikhtiarkan untuk menambah di kota kota lain karena Insya Allah kita akan mendapatkan tambahan suplai oksigen baru dari CSR-nya BUMN yang ada di Jawa Timur. Yang  dimungkinkan untuk bisa didistribusikan di titik lain di luar dari Surabaya Gresik dan Sidoarjo," tegas Khofifah.

Lebih lanjut Khofifah menegaskan bahwa syarat mengakses oksigen gratis ini adalah dengan menunjukkan bukti swab PCR atau juga bisa dengan menunjukkan bukti swab antigen.

Yang kemudian mereka juga diwajibkan mengisi secara form online di http://infoCovid19.jatimprov.go.id/.

Di web itu akan langsung terbuka form refill oksigen gratis. Di form tersebut akan diwajibkan mengisi nama, NIK, alamat domisili, dan kewajiban mengunggah hasil tes PCR atau antigen. Lewat website itu pula nanti akan terdapat pilihan tempat dan waktu pengambilan oksigen agar tidak terjadi antrian.

(Fz/fatimatuz zahroh) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved