Breaking News:

Kumpulan Doa

Bacaan Doa Buka Puasa Arafah Senin 19 Juli 2021 Lengkap Arab & Latin, Tepat Sehari Sebelum Idul Adha

Bacaan Doa Buka Puasa Arafah Senin 19 Juli 2021 Lengkap Arab Latin dan Artinya, dengan penjelasan kapan waktu mengucapkannya.

Editor: Elma Gloria Stevani
Pixabay.com/ferlistockphoto
Ilustrasi buka puasa Arafah. 

Editor: Elma Gloria Stevani

TRIBUNMADURA.COM - Bacaan Doa Buka Puasa Arafah 1442 H Lengkap Arab Latin dan Artinya, dengan penjelasan kapan waktu mengucapkannya.

Puasa Arafah 2021 merupakan puasa sunah yang tergolong istimewa, dimana pada saat itu umat islam yang menjalankan ibadah Haji bertepatan melakukan wukuf di Arafah.

Dalam pelaksanaannya puasa Arafah tepat satu hari sebelum Hari Raya Idul Adha dibulan Dzulhijjah untuk kalender masehi pada hari Senin 19 Juli 2021 hari ini.

Puasa sunah yang dilaksanakan menjelang Idul Adha ini ada dua, yaitu Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah yang dilaksanakan tanggal 18 dan 19 Juli 2021, tepat dua hari sebelum Hari Raya Idul Adha.

Umat Islam dalam melaksanakan ibadah Puasa Arafah 2021, sama dengan puasa pada biasanya, dimulai makan sahur kemudian puasa sehari penuh hingga waktu magrib untuk berbuka puasa.

Diketahui bersama, dari tuntunan Islam semua ibadah harus didahului dengan niat, kesepakatan ulama bahwa niat merupakan bagian dari rukun puasa.

Dengan kata lain, sebuah ibadah tidak dianggap sah dan berpahala jika tidak disertai niat. Oleh karena itu para ulama memberikan perhatian cukup besar terhadap perkara niat.

Fungsi niat adalah untuk membedakan antara satu ibadah dengan ibadah yang lainnya, atau membedakan ibadah dengan adat kebiasaan.

Di samping itu, niat juga berfungsi untuk membedakan tujuan seseorang dalam beribadah, dalam hal ini dibahas tentang niat puasa dan berbuka puasa.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved