Kumpulan Doa

Inilah Doa untuk Meminta Ketenangan Hati dan Pikiran serta Berlindung dari Rasa Marah dan Negatif

Berikut bacaan doa penenang hati agar seorang Muslim kembali berserah diri kepada Allah SWT dan memohon diberikan hati yang tenang.

Shutterstock.com
Ilustrasi marah - Doa penenang hati bisa dibaca oleh seorang Muslim saat mengalami berbagai perasaan negatif seperti gelisah, resah, stres, hingga putus asa. 

Editor: Elma Gloria Stevani

TRIBUNMADURA.COM - Dalam menjalani hidup manusia sering dihadapkan dengan berbagai persoalan dan masalah yang menghadirkan berbagai emosi.

Perasaan sedih, marah, emosi, putus asa, bahkan depresi merupakan perasaan negatif yang bisa membuat hati tidak tenang.

Jika hati manusia sedang merasa tidak tenang maka akan berpengaruh pada pikiran dan tindakannya. Hal ini karena segala perbuatan manusia didasarkan atas dua hal tersebut, yakni hati dan pikiran.

Sebagai makhluk yang dibekali keimanan, manusia akan cenderung mengingat Allah SWT saat merasa sedih atau putus asa. Ibadah dan berdoa adalah salah satu cara untuk menepis rasa tersebut.

Doa penenang hati bisa dibaca oleh seorang Muslim saat mengalami berbagai perasaan negatif seperti gelisah, resah, stres, hingga putus asa.

Dunia adalah ujian bagi seorang Muslim sehingga terkadang permasalahan yang dihadapinya membuatnya bersedih dan lupa mengingat Allah SWT.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an:

اَحَسِبَ النَّاسُ اَنْ يُّتْرَكُوْٓا اَنْ يَّقُوْلُوْٓا اٰمَنَّا وَهُمْ لَا يُفْتَنُوْنَ

"Apakah manusia mengira bahwa mereka akan dibiarkan hanya dengan mengatakan, “Kami telah beriman,” dan mereka tidak diuji?" (QS Al 'Ankabut 29:2).

Selain itu, Rasulullah SAW juga menyampaikan tentang hakikat dunia bagi orang-orang beriman dan bagi orang-orang kafir.

Dari Abu Hurairah, ia berkata Rasulullah SAW bersabda, "Dunia adalah penjara bagi orang beriman dan surga bagi orang kafir," (HR. Muslim no. 2392).

Berikut bacaan doa penenang hati agar seorang Muslim kembali berserah diri kepada Allah SWT dan memohon diberikan hati yang tenang.


Doa saat hati merasa tak tenang
Doa saat hati merasa tak tenang (wallpaperdp / ISLAMPOS tribunmanado.co.id)

1. Membaca ta’awudz, meminta perlindungan pada Allah dari godaan setan.

Halaman
1234
Sumber: TribunStyle.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved