Breaking News:

Kumpulan Doa

Kumpulan Doa yang Diajarkan Nabi Muhammad untuk Bangun Tidur, Keluar Rumah hingga Doa Pagi Hari

Sangat dianjurkan untuk mengikuti kebiasaan berdoa Nabi Muhammad, tetapi jika tidak bisa mengikuti semuanya pun tidak apa-apa, semampunya saja.

Editor: Elma Gloria Stevani
Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Ilustrasi orang berdoa. Hal terpenting adalah tetap berusaha untuk mendekatkan diri kepada Allah melalui doa-doa harian yang dicontohkan Nabi Muhammad. 

TRIBUNMADURA.COM - Nabi Muhammad merupakan utusan Allah di muka bumi untuk memperbaiki akhlak manusia dan menyebarkan agama rahmatan lil 'alamin yakni Islam.

Karenanya, beliau menjadi pemimpin sekaligus teladan bagi umat Muslim dalam hal apapun.

Apapun yang dilakukannya menjadi sebuah kesunnahan dan contoh baik yang bisa dilakukan juga oleh umatnya.
Sebagaimana tercantum dalam Alquran surat Al Ahzab ayat 21 berikut ini.

لَّقَدْ كَانَ لَكُمْ فِى رَسُولِ ٱللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَن كَانَ يَرْجُوا۟ ٱللَّهَ وَٱلْيَوْمَ ٱلْءَاخِرَ وَذَكَرَ ٱللَّهَ كَثِيرًا

Artinya: "Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah."

Salah satu hal yang bisa dicontoh oleh umat Muslim dari Nabi Muhammad adalah kebiasaan beliau yang senantiasa berdoa kepada Allah kapan pun dan di mana pun.

Mulai dari bangun tidur, hingga terlelap kembali, Nabi Muhammad selalu memanjatkan doa dalam setiap aktivitasnya.

Berdoa merupakan sebuah sarana komunikasi dari seorang hamba kepada Allah. Semakin sering berdoa, maka komunikasi dengan Allah akan semakin intens dan dekat.

Jika seorang hamba dekat dengan Tuhannya, ia akan dengan mudah melaksanakan semua perintah Tuhannya dan menjauhi laranganNya.

Dengan begitu, insyaalah Allah akan selalu berada di dekatnya, meridhoi setiap aktivitasnya, menghapuskan dosa-dosanya, menuntunnya untuk senantiasa di jalanNya, mengabulkan semua permintaannya, dan memasukkannya ke surga di akhirat kelak.

Doa Nabi Muhammad yang Bisa Diamalkan Sehari-hari

Abu Bakar bin As-Sina dalam bukunya 24 Jam Hidup dengan Doa dan Amal Harian Rasulullah mengupas tuntas doa apa saja yang dibaca oleh Nabi Muhammad setiap harinya.

Sangat dianjurkan untuk mengikuti kebiasaan berdoa Nabi Muhammad, tetapi jika tidak bisa mengikuti semuanya pun tidak apa-apa, semampunya saja.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved