Berita Sampang

Sampang Satu-satunya Wilayah Berstatus Zona Kuning di Jatim & Terapkan PPKM Level 2, Ini Rahasianya

Kabupaten Sampang menjadi satu-satunya daerah di Jawa Timur yang menerapkan PPKM Level 2 dan berstatus zona kuning. Ternyata ini upaya Pemkab Sampang.

Dok. Hasil scretsoot dari postingan melalui akun Instagram resmi @jatimpemrov
Kabupaten Sampang satu-satunya daerah yang berstatus zona kuning di Jatim dan terapkan PPKM level 2, Rabu (18/8/2021). 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Hanggara Pratama

TRIBUNMADURA.COM, SAMPANG - Pemerintah pusat terus memperpanjang PPKM level 2-4 di Jawa-Bali hingga 23 Agustus 2021 mendatang.

Dengan adanya kebijakan tersebut Kabupaten Sampang, Madura merupakan satu-satunya daerah di Jawa Timur yang memberlakukan PPKM Level 2.

Bahkan, berdasarkan update situasi Jawa Timur per 17 Agustus 2021, yang di posting melalui akun Instagram resmi @jatimpemrov, Kota Bahari satu-satunya daerah berstatus zona kuning di Jawa Timur.

Di balik pencapaian itu terdapat upaya pemerintah daerah yang terus digalakkan guna mengurangi resiko penyebaran Covid-19.

Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sampang, Agus Mulyadi mengatakan, bahwa pencapaian ini merupakan jerih payah dari segala upaya yang dilakukan dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

Menurutnya, sejak meledaknya pasien Covid-19 di Madura segala upaya digalakkan, namun juga tidak kalah penting adalah komitmen Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sampang.

"Kekompakan Forkopimda Sampang sangat menentukan capaian kali ini," ujarnya kepada TribunMadura.com, (18/8/2021).

Adapun sejumlah upaya tersebut, seperti pendekatan ke Tokoh Kiai serta melibatkan tokoh pemuda untuk membantu menyadarkan masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan Covid-19.

"Upaya penyekatan juga berpengaruh, begitupun dengan Operasi yustisi dan itu dilakukan secara persuasif," ucap Agus Mulyadi.

Ia menambahkan, perlu adanya komitmen melakukan pendekatan kepada semua masyarakat agar menahan diri menggelar kegiatan yang menimbulkan kerumunan, seperti hiburan orkes dan sejenisnya.

"Bila tetap membandel, tentunya kami layangkan sanksi sesuai ketentuan, tujuannya sebagai efek jera," tuturnya.

Lebih lanjut, menurutnya meskipun capaian vaksinasi di Sampang kecil, namun cukup berpengaruh terhadap pencapaian dalam menangani Covid-19.

Terlebih, saat ini antusias masyarakat mulai tinggi hingga membuat stok vaksin jenis Sinovac yang dimiliki habis.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved