Breaking News:

Daun Sambiloto

Tanaman Daun Sambiloto Miliki Banyak Manfaat, Obat Antimalaria, Cegah Virus Corona dan Redakan Panas

Sambiloto memiliki zat aktif pada daun dan batangnya sehingga ia mampu sebagai sifat antiradang, antibakteri serta antivirus.

Editor: Elma Gloria Stevani
Wikipedia.org
Memiliki nama ilmia Andrographis paniculata, daun sambiloto termasuk ke dalam tanaman yang memiliki khasiat seperti obat. 

TRIBUNMADURA.COM - Tanaman sambiloto, mungkin beberapa dari kita masih begitu tak familiar dengan nama tumbuhan yang mayoritas tumbuh daun hijau ini.

Memiliki nama ilmia Andrographis paniculata, daun sambiloto termasuk ke dalam tanaman yang memiliki khasiat seperti obat.

Daunnya yang sejak awal-awal pandemi dipercaya dapat menangkal virus corona ini sebagian besar memiliki kegunaan sebagai pereda demam, tifus, radang usus buntu, radang paru hingga obat luar untuk penyakit kulit.

Sambiloto memiliki zat aktif pada daun dan batangnya sehingga ia mampu sebagai sifat antiradang, antibakteri serta antivirus seperti yang dikutip dari ners.unair.ac.id.

Bukan hanya itu, daun sambiloto juga kaya dengan kandungan antioksidan seperti saponin, terpenoid, tannin hingga falvonoid.

Namun, menonsumsi daun sambiloto haruslah tetap dengan dosis dan takaran yang tepat.

Karena jika tidak, penggunaan sambiloto dalam dosis tinggi atau dalam jangka waktu yang panjang dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Tanaman yang dikenal rasa pahitnya ini di beberapa negara Asia, daun, batang, bunga, dan akarnya dimanfaatkan sebagai obat tradisional.

Sambiloto diyakini bisa digunakan sebagai antikanker, antibakteri dan antivirus.

Tak hanya itu, Sambiloto juga bisa digunakan untuk mencegah flu. Contohnya seperti digunakan pada saat terjadi pandemi Flu Spanyol pada tahun 1918.

Halaman
1234
Sumber: TribunnewsWiki
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved