Breaking News:

Berita Sidoarjo

Gubernur Khofifah Ajak Wapres Ma'ruf Amin Kunjungi KIH Sidoarjo, Potensi Besar Industri Halal

Pengembangan kawasan ini merupakan salah satu upaya pengembangan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia.

Penulis: Fatimatuz Zahroh | Editor: Aqwamit Torik
Humas Pemprov Jatim
Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin didampingi jajaran menteri dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meninjau pembangunan Kawasan Industri Halal Sidoarjo Safe and Lock Halal Industrial Park di Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (30/9/2021). 

TRIBUNMADURA.COM, SIDOARJO -  Usai melakukan rakor dengan Gubernur Jatim dan Lima Bupati di Gedung Negara Grahadi, Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin meninjau pembangunan Kawasan Industri Halal Sidoarjo Safe and Lock Halal Industrial Park di Sidoarjo, Kamis (30/9/2021). 

Pengembangan kawasan ini merupakan salah satu upaya pengembangan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia.

Turut mendampingi Wapres dalam peninjauan tersebut Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Teten Masduki, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali.

Dalam kunjungannya, Wapres mengatakan jika Indonesia memiliki potensi besar dalam mengembangkan industri halal, antara lain sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM).

"Kita memiliki potensi besar, baik SDA-nya maupun para pengusaha yang selama ini belum kita kembangkan dengan baik," ungkapnya. 

Baca juga: Wapres Maruf Amin akan Berkunjung ke Jawa Timur, Sumenep dan Bangkalan Juga Jadi Tujuan

Dalam kunjungan tersebut, Wapres Ma'ruf Amin bersama Khofifah dan rombongan menyaksikan prosesi pelepasan ekspor dari KIH Safe ‘n Lock ke Nagoya Jepang oleh Menteri Perindustrian (Menperin). 

Ekspor yang dilakukan kali ini merupakan produk Sariraya Indonesia PT Sinergi Cita Mulia yang telah menembus pasar internasional.

Produk yang diekspor antara lain, keripik tempe, kerupuk bawang, kerupuk jengkol, dan makanan ringan lainnya produksi UMKM.

Wapres KH.Ma'ruf Amin dan rombongan juga menyempatkan diri meninjau unit UKM - IKM yang sudah beroperasi di KIH Safe ‘n Lock. Misalnya kerupuk bawang, keripik tempe, produk susu, kopi dan sebagainya.

Sementara itu, Gubernur Khofifah mengatakan bahwa KIH Safe ‘n Lock Sidoarjo ini merupakan kawasan industri halal yang pertama di Jatim dan pertama di Indonesia yang beroperasi untuk pelaku UMKM.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved