Breaking News:

Berita Sumenep

Semua Desa di Sumenep Wajib Laksanakan Program BUMDes, Begini Penjelasan Kepala DPMD

Semua desa di Kabupaten Sumenep diwajibkan menyertakan program modal Badan Usaha Milik Desa (BUMdes).

TRIBUNMADURA.COM/ALI HAFIDZ SYAHBANA
Kepala DPMD Sumenep, Moh Ramli 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Ali Hafidz Syahbana

TRIBUNMADURA.COM, SUMENEP - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep menyebutkan bahwa semua desa di Kota Keris diwajibkan menyertakan program modal Badan Usaha Milik Desa (BUMdes).

Kewajiban BUMDes tersebut karena mengadopsi program kebijakan Bupati Sumenep yang mengatur sinergi program.

Kepala DPMD Sumenep, Moh Ramli mengatakan, hal itu ada kesamaan dengan pusat semua tingkatan wajib sinergi dalam stanting.

"Jadi di Desa pun wajib stanting dan terserah desa dalam penanganan stanting, seperti ada dalam penanganan tambahan, honor, juga pembangunan RTLH, Polindes itu bagian dari penanganan stanting," kata Moh. Ramli pada Rabu (6/10/2021).

Ia menyebutkan, ada bagian dari spesifik untuk mendukung visi dan misinya bupati yang mengamanatkan desa wajib bersinergi dengan kabupaten.

Baca juga: BERITA MADURA TERPOPULER HARI INI Penemuan Jenazah di Bangkalan hingga Sidang Kasus Pembunuhan

"Dalam dua tahun ini mewajibkan desa minimal membangun dua unit rumah RTLH. wajib melaksanakan dua RTLH, ini kebijakan Bupati dalam dua tahun ini sejak kami disini, utamanya kepada orang miskin yang tidak punya rumah," katanya.

Namun demikian, pihkanya menjelaskan, Desa boleh tidak menunaikan pembangunan RTLH, dengan catatan pernyataan di musyawarah desa, bahwa di desa sudah tidak ada rumah tidak layak huni.

"Program sinergi ditahun ini, untuk tahun depan kami belum merumuskan," tambahnya.

Bagaimana jika desa tidak menunaikan hal tersebut, pihaknya menegaskan bahwa APBdesnya akan ditolak, kecuali ada keterangan lain, ditahun ini ada 12 yang wajib ditunaikan oleh desa ada yang sifatnya regional, ada yang lokal.

"Lokal Sumenep ini yang wajib RTLH dan wajib ditunaikan pembangunan polindes. Jadi yang wajib desa penyertaan modal bumdes, membangun RTLH, dan membangun Polindes," katanya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved