Breaking News:

Berita Probolinggo

Masuk PPKM Level 3, PTM Terbatas di Madrasah Probolinggo Tetap Dilangsungkan, Prokes Ketat

Agar berjalan aman, penerapan PTM terbatas dilakukan dengan protokol kesehatan ketat, capaian vaksinasi pelajar usia 12-17 tahun juga dikebut

Penulis: Danendra Kusuma | Editor: Samsul Arifin
ISTIMEWA/TRIBUNMADURA.COM
Pelaksanaan uji coba PTM terbatas di sejumlah lembaga sekolah di bawah Kemenag Probolinggo 

TRIBUNMADURA.COM, PROBOLINGGO - Pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di lembaga pendidikan madrasah tetap dilangsungkan kendati Kabupaten Probolinggo masuk PPKM Level 3.

Agar berjalan aman, penerapan PTM terbatas dilakukan dengan protokol kesehatan ketat. Capaian vaksinasi pelajar usia 12-17 tahun juga dikebut.

Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Pendma) Kemenag Kabupaten Probolinggo, Didik Heriadi mengatakan PTM terbatas untuk madrasah tetap berlangsung.

Pihaknya rutin melakukan pengawasan dan evaluasi di tiap madrasah yang menggelar PTM terbatas. Selain itu menggencarkan sosialisasi terkait vaksin kepada siswa.

Standar operasional prosedur (SOP) PTM terbatas, masih mengacu pada Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri Tentang Pembelajaran Tatap Muka Terbatas.

"Berdasar hasil evaluasi, lembaga sekolah madrasah yang menggelar PTM terbatas menjalankan protokol kesehatan (prokes) dengan baik. Siswa, guru, dan tenaga kependidikan yang mengikuti PTM terbatas sudah divaksin. Sehingga, PTM terbatas tetap digelar," katanya, Senin (11/10/2021).

Baca juga: UPDATE Kasus Suap Bupati Probolinggo, KPK Periksa 11 Saksi di Mapolres Probolinggo Kota Hari ini

Ia menyebut, jumlah madrasah yang melangsungkan PTM terbatas tetap sama, yakni ada 556 lembaga.

Rinciannya, jenjang Raudlatul Athfal (RA) sebanyak 209 sekolah, MI 227 sekolah, MTs 80 sekolah dan MA 40 sekolah.

Sedangkan jumlah total lembaga sekolah di bawah kemenag baik negeri maupun swasta sebanyak 1.071 sekolah.

"Sementara ini, kami tidak menambah jumlah sekolah yang menggelar PTM terbatas. Kami menunggu kebijakan lebih lanjut dari pemerintah pusat mengenai update terbaru PPKM level. Kami juga bersinergi dengan Dinas Pendidikan Probolinggo," jelasnya.

Ia menambahkan, hingga kini, capaian vaksinasi pelajar usia 12-17 tahun sudah 60 persen.

Bersama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo, Kemenag menggenjot capaian vaksinasi pelajar di sejumlah puskesmas.

"Kemarin, vaksinasi dilaksanakan di Puskesmas Wonomerto dan Kuripan. Minggu ini di Puskesmas Gading. Vaksinasi pelajar rutin dilakukan. Sebab, syarat PTM terbatas, selain pendidik dan tenaga kependidikan, siswa usia 12-17 tahun wajib divaksin. Kesadaran vaksin masyarakat madrasah tinggi," pungkasnya. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved