Breaking News:

Berita Lumajang

Kantor Pusat Pemerintahan Lumajang akan Pindah, JLT Bakal Disulap Jadi Kawasan Bisnis

Isu pemindahan pusat kantor pemerintahan sebenarnya bukanlah wacana baru, Ini pernah dibahas sejak 15 tahun silam

Penulis: Tony Hermawan | Editor: Samsul Arifin
TRIBUNMADURA.COM/TONY HERMAWAN
Bupati Lumajang Thoriqul Haq. 

TRIBUNMADURA.COM, LUMAJANG - Bupati Lumajang Thoriqul Haq kembali membuka sinyal ingin memindahkan kantor pusat pemerintahan dari Jalan Alun-Alun Utara ke Jalur Lintas Timur (JLT).

Isu pemindahan pusat kantor pemerintahan sebenarnya bukanlah wacana baru. Ini pernah dibahas sejak 15 tahun silam. Namun, itu kandas dan wacana kembali mengemuka pada era Bupati Thoriqul Haq.

Bupati Thoriq menilai kantor pusat pemerintahan pindah harus segera dipindah. Menurutnya, sekarang kawasan Jalan Alun-Alun Utara sudah terlalu crowded. Alias sudah terlalu ramai.

"Jadi kalo isunya ibu kota Kabupaten pindah itu salah. Ibu kota ya tetap di Kecamatan Lumajang, hanya saja saya ingin menumbuhkan ekonomi baru di wilayah JLT," kata Thoriq.

Ia mencontohkan di wilayah Labruk Lor. Dengan adanya pembangunan mall dan rumah sakit di area tersebut membuat  ekonomi warga sekitar meningkat. 

Sehingga harapannya, jika pusat kantor pemerintahan pindah di area Jalur Lintas Timur (JLT) juga bisa berdampak meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. 

Baca juga: Bising Suara Knalpot Geng Motor, Pertunjukan Reog Jadi Aksi Tawuran di Lumajang

Meski begitu, Bupati Thoriq menegaskan  wacana pemindahan kantor pemerintahan tidak akan digarap dalam waktu dekat. Pasalnya, saat ini pihak pemerintah setempat masih tengah merancang tata ruang lahan yang akan dibangun. 

"Ini bukan untuk tahun depan, tapi masih jauh ke depan. Sekarang kita siapkan pondasinya dulu. Misalnya terkait tata ruangnya. Ini nanti lahan yang digunakan untuk apa-apa saja, seperti itu," ujarnya. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved