Breaking News:

Suka Ngopi di Pagi Hari, Simak Sejarah Kebiasaan Minum Kopi sudah Ada Sejak era 1700-an Silam

Kebiasaan ngopi di pahi hari dilakukan oleh banyak orang dari seluruh penjuru dunia

Editor: Samsul Arifin
Freepik
Ilustrasi kopi 

TRIBUNMADURA.COM - Sebagian orang paling gemar minum kopi di pagi hari sebelum beraktivitas. 

Namun tak banyak yang tahu bahwa rutinitas minum kopi di pagi hari ternyata ada sejarahnya lho. 

Kebiasaan ini dilakukan oleh banyak orang dari seluruh penjuru dunia. Meski sebenarnya, menyeduh kopi itu sebaiknya tak dilakukan di menit-menit pertama setelah kita membuka mata.

Namun dilakukan beberapa jam selepas kita bangun, sehingga kita bisa maksimal mendapatkan efek kafein yang ada. Namun kebiasaan tetaplah menjadi kebiasaan.

Tanpa aroma kopi, banyak orang mengaku tak bisa terjaga dan langsung semangat menghadapi hari. Sebenarnya sejak kapan kopi menjadi minuman di pagi hari teman sarapan?

Awal mula ritual kopi pagi Dilansir melalui Kompas.com dari The Kitchn, di berbagai belahan dunia, ada berbagai tradisi minuman pagi yang harus ada sebagai teman makan pagi. Dan kebanyakan dari minuman ini adalah minuman yang mengandung alkohol.

Baca juga: Mitos Bayi Diberi Kopi Hitam Dapat Cegah Kejang, Begini Analisis dari Segi Kesehatan Menurut Dokter

Penduduk Romawi misalnya, mereka terbiasa menyesap roti yang dicelupkan ke wine sebagai pengisi energi di pagi hari.

Sedangkan tentara-tentara Inggris di sekitar tahun 1890-an, memiliki kebiasaan meminum rum dan teh sebelum memulai hari-harinya. Dan di Jerman, beer soup adalah sajian pagi yang tak pernah alpa hadir di dapur-dapur rumahan.

Kedatangan kopi di akhir 1700-an dan di awal 1800-an, mengubah semua kebudayaan di atas. Kopi akhirnya dipilih sebagai minuman yang lebih demokratis dan bisa dinikmati siapa saja, baik kalangan strata sosial atas atau bawah, laki-laki atau perempuan, dewasa atau anak-anak.

Kopi juga dipilih karena tak memiliki efek sedatif dan memabukkan layaknya alkohol. Sehingga jika digunakan memulai hari, minuman ini lebih aman dan efektif. Di era revolusi industri, kopi makin dicari banyak orang.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved