Berita Surabaya

Kapolda Jatim Minta Jajarannya Untuk Terbuka dan Bijak Manfaatkan Medsos

Pesatnya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, aspek keterbukaan informasi, menjadi hal penting dari sebuah institusi pelayanan

Penulis: Luhur Pambudi | Editor: Samsul Arifin
TRIBUNMADURA.COM/LUHUR PAMBUDI
Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta didampingi Wakil Kepala Polda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo di Ruang Rupatama, Gedung Tri Brata, Mapolda Jatim, Rabu (3/11/2021). 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta mengimbau pada seluruh kapolres, kasat dan kapolsek se-Jatim untuk bijak memanfaatkan media sosial (medsos) sebagai metode penyampaian informasi kepada masyarakat.

Hal itu, ditekankan Irjen Nico dalam agenda peningkatan kemampuan pelayanan masyarakat, kepada kapolres, kasat dan kapolsek seluruh Jatim.

Agenda tersebut rencananya akan berlangsung dua hari, secara daring dan luring, di Ruang Rupatama, Gedung Tri Brata, Mapolda Jatim, Rabu (3/11/2021) hingga Kamis (4/11/2021).

"Itu bagian pelatihan, tidak hanya media sosial, tentunya juga di dalam melaksanakan tugas wewenang dan tanggung jawabnya secara keseluruhan," katanya pada awak media, Rabu (3/11/2021).

Karena, Nico tidak menampik, ditengah pesatnya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, aspek keterbukaan informasi, menjadi hal penting dari sebuah institusi pelayanan dan pengayom masyarakat, seperti Polri.

Baca juga: Tingkatkan Pelayanan Kapolda Jatim Beri Wejangan Seluruh Kapolres hingga Kasat se Jatim

"Saya kira penting sekarang karena memang era keterbukaan itu harus diantisipasi oleh seluruh Kapolsek dan kasat," tuturnya.

Nico berharap melalui serangakaian patihan tersebut. Para anggotanya di masing-masing polres mampu secara adaptif menghadapi dinamika perubahan jaman.

Dan tak lupa. Melalui pelatihan tersebut Nico juga tetap menjadikan pembahasan percepatan penanganan Covid-19 di Jatim, sebagai prioritas agenda peningkatan kemampuan tersebut.

"Saya harap para Kapolsek dan Kasat juga memberi pelatihan kepada para anggota di bawahnya, karena kalau anggota bisa bekerja dengan baik, tentunya organisasi akan menjadi lebih baik lagi," pungkasnya.

Sebelumnya, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta menegaskan, pihaknya tidak akan ragu menindak oknum anggota yang terbukti melakukan tindakan indisipliner. 

Mulai dari menyalahgunakan tugas kewenangan selama berdinas, melanggar peraturan perundang-undangan, atau lalai ditengah melaksanakan tugas sehingga berdampak fatal hingga merugikan orang lain.

Pihaknya tidak akan ragu menerapkan sanksi secara peraturan kode etik Polri. Tak terkecuali sanksi Tindak Pidana bagi anggota yang terbukti melanggar Undang-Undang (UU).

Kendati demikian, Nico tetap akan bersikap fair terhadap anak buah atau anggota jajarannya yang berhasil membuktikan diri dalam menunjukkan prestasi.

Ia berjanji akan memberikan penghargaan (reward) sepantasnya kepada anggota yang berprestasi dan berkontribusi positif kepada pelayanan masyarakat maupun nama baik institusi Polri.

Oleh karena itu, Nico berharap, para pejabat utama untuk senantiasa mengawasi anggota jajaran dibawahnya dengan melakukan peninjauan, arahan, dan bimbingan.

Agar tetap disiplin selama bertugas dan semaksimal mungkin memberikan pelayanan kepada masyarakat.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved