Breaking News:

Berita Surabaya

Kanwil Kemenkumham Jatim Luncurkan Aplikasi Whatsapp Bernama SOBAT, Permudah Layanan Hukum dan HAM

Aplikasi semi robot ini diharapkan akan menjawab kebutuhan masyarakat Jawa Timur terkait layanan informasi pelayanan hukum dan HAM

Penulis: Luhur Pambudi | Editor: Samsul Arifin
TRIBUNMADURA.COM/LUHUR PAMBUDI
Tampilan aplikasi WhatsApp otomatis SOBAT 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Kanwil Kemenkumham Jatim menciptakan inovasi kinerja layanan informasi masyarakat melalui ponsel smartphone, bernama Sistem Otomasi Jawaban WhatsApp (SOBAT).

Aplikasi semi robot ini diharapkan akan menjawab kebutuhan masyarakat Jawa Timur terkait layanan informasi pelayanan hukum dan HAM.

Peluncurannya ditandai dengan penyerahan secara simbolis Surat Pencatatan Ciptaan Aplikasi SOBAT dari Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Krismono kepada Kasubag Humas, RB dan TI Ishadi MP. 

"Aplikasi ini lahir setelah besarnya animo masyarakat terhadap informasi alur pelayanan, persyaratan ataupun biaya layanan," ujar Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Krismono, Selasa (9/11/2021).

Pelayanan informasi yang diminta masyarakat, lanjut Krismono, ternyata berulang. 

Baca juga: Kanwil Kemenkumham Jatim Beri Berikan Fasilitas Pendaftaran UMKM dan Perseroan Gratis, Ini Caranya

Pertanyaan seputar alur layanan maupun syarat dan ketentuan layanan menjadi pertanyaan paling banyak diajukan.

Sehingga, untuk mempermudah dan mempercepat respon jawaban, diciptakanlah aplikasi penjawab otomatis yang berisi format jawaban baku, aplikasi SOBAT.

"Selain lebih cepat, dengan aplikasi yang standby 24 jam, pelayanan bisa terus dilakukan kapan pun dan di mana pun," katanya. 

Format jawaban yang baku akan membuat jawaban kepada masyarakat lebih konsisten. 

Meski begitu, Krismono menyebutkan, peran aplikasi ini tidak mutlak. Tetap saja ada petugas khusus pengelola pengaduan yang selalu standby memantau pengaduan dari masyarakat.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved