Breaking News:

Berita Surabaya

Tim Pengabdian Masyarakat ITS Kembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro di Probolinggo

Tak hanya masalah teknis mikro hidro, permasalahan manajerial mengenai pengelolaan mikro hidro pun menjadi kendala tersendiri bagi warga

Penulis: Sulvi Sofiana | Editor: Samsul Arifin
ISTIMEWA/TRIBUNMADURA.COM
Kegiatan Abmas ITS dengan Redesain dan Rancang Bangun Ulang Pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) sebagai Sumber Energi Alternatif di Desa Duren, Kecamatan Gading, Probolinggo. 

TRIBUNMADURA.COM – Potensi aliran air di Desa Duren, Probolinggo membuat tim Pengabdian Masyarakat (Abmas) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dari Departemen Fisika ITS meningkatkan kinerja Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di Desa tersebut. 

Kegiatan Abmas ini mengusung tema Redesain dan Rancang Bangun Ulang Pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) sebagai Sumber Energi Alternatif di Desa Duren, Kecamatan Gading, Probolinggo.

Melania Suweni Muntini, Ketua Abmas ITS menjelaskan  warga secara mandiri memiliki 18 mikro hidro untuk mencukupi kebutuhan listriknya. 

Satu mikro hidro dapat menghasilkan listrik untuk empat rumah warga.

"Sayangnya, masih banyak kendala dalam pengelolaan mikro hidro yang berada di sana. Kekurangan tersebut utamanya terletak pada mikro hidro yang tidak memenuhi standard,"urainya.

Mikro hidro,lanjutnya, seharusnya menggunakan aliran air yang bersih agar dapat memutar poros turbin dengan lancar. 

Tak hanya masalah teknis mikro hidro, permasalahan manajerial mengenai pengelolaan mikro hidro pun menjadi kendala tersendiri bagi warga.

Baca juga: ITS Dirikan Teaching Factory Maritim di Madura, Komitmen Dukung Hilirisasi Riset

"Dari berbagai macam kekurangan yang ditemukan, kegiatan ini membantu warga dalam memperbaiki kinerja mikro hidro beserta pengelolaannya,"paparnya.

Abmas yang telah dilaksanakan selama delapan bulan ini berupa survey, pengambilan data terkait mikro hidro dan analisisnya, pemetaan potensi pemasangan mikro hidro baru, dan juga melihat potensi-potensi daerah yang lain.

"Dari data yang telah dikumpulkan, didapatkan delapan potensi pemasangan mikro hidro baru sepanjang jalur parit, dan tujuh potensi pemasangan mikro hidro baru sepanjang jalur sungai,"paparnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved