Breaking News:

Berita Probolinggo

Satreskrim Polresta Probolinggo Amankan 2 Pelaku Pencurian Lantaran Plat Nomor Palsu

kronologi penangkapan dua pencuri yang diketahui berinisial B dan S, keduanya warga Desa Condong

Penulis: Danendra Kusuma | Editor: Samsul Arifin
ISTIMEWA
ilustrasi pencurian motor 

TRIBUNMADURA.COM, PROBOLINGGO - Belakangan ini marak aksi pencurian motor di Probolinggo. 

Merespons hal tersebut, Satreskrim Polresta Probolinggo menempatkan personel di sejumlah titik rawan untuk meningkatkan kewaspadaan dalam mencegah gangguan keamanan. 

Upaya tersebut membuahkan hasil. Dua pencuri yang melancarkan aksinya di Probolinggo dibekuk, Jumat (12/11) dini hari. 

Kasat Reskrim Polresta Probolinggo, AKP Teddy Tridani menceritakan kronologi penangkapan dua pencuri yang diketahui berinisial B dan S, keduanya warga Desa Condong, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo.

Mulanya polisi mencurigai pengendara berinisial T warga Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo lalu lalang mengendarai motor Honda Supra X hitam di wilayah Kota Probolinggo. 

Polisi menyangsikan plat nomor yang terpasang pada motor yang ditunggangi T. 

Baca juga: Pencurian Sapi di Probolinggo Jebol Kandang Korban Coba Telusuri jejak Pelaku

Personel Satreskrim lantas menghentikan laju kendaraan dan melakukan pengecekan. 

"Setelah kami cek plat nomornya ternyata palsu. Tak berhenti di situ, personel mengecek nomor mesin motor. Nomor mesin motor telah digosok," kata Teddy. 

Kedapatan menggunakan plat nomor palsu dan nomor mesin digosok, kepada polisi, T bilang bila motor tersebut ia beli dari tersangka B. 

Sejurus kemudian, Satreskrim Polresta Probolinggo melakukan pengembangan. 

Dari pengembangan tersebut, polisi meringkus tersangka B dan S di rumahnya Desa Condong, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo. Rumah mereka saling berdekatan. 

Di dalam rumah kedua tersangka, polisi mengamankan puluhan barang bukti, di antaranya plat nomor, kunci T, helm merah dan kuning serta mesin gerinda. 

Hasil penyelidikan lanjutan, rupanya, barang bukti plat nomor itu merupakan yang terpasang pada motor yang dilaporkan hilang oleh pemiliknya di wilayah hukum Polres Probolinggo. 

Aksi pencurian yang dilakukan tersangka, sempat terekam kamera CCTV. Indikasinya terletak pada helm merah yang dikenakan. Kala itu, tersangka menggasak motor milik warga yang terparkir di teras. 

"Karena TKP berada di wilayah hukum Polres Probolinggo, maka kami akan menyerahkan pelaku ke Polres Probolinggo. Nantinya pula, kami akan berkoordinasi dengan Polres Probolinggo untuk pengembangan kasus," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved