Breaking News:

Berita Jawa Timur

Gubernur Khofifah Kenalkan Inovasi Perpustakaan yang Layani Sistem Drive Thru Bernama DJatim

Perpustakaan tak hanya memegang peran untuk membudayakan gemar membaca, tetapi juga meningkatkan literasi masyarakat untuk menghadapi era Society 5.0

Penulis: Fatimatuz Zahroh | Editor: Aqwamit Torik
Humas Pemprov Jatim
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengenalkan inovasi digital perpustakaan di Jatim yang diberi nama DJatim, layanan itu memberi fasilitas pengembalian buku melalui sistem drive thru, Senin (15/11/2021). 

TRIBUNMADURA.COM, SIDOARJO - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendorong perpustakaan untuk terus mengembangkan inovasi terutama berbasis digital.

Hal ini dikarenakan peran perpustakaan semakin penting.

Sebab perpustakaan tidak hanya memegang peran untuk membudayakan gemar membaca, tetapi juga meningkatkan literasi masyarakat untuk menghadapi era Society 5.0.

Oleh sebab itu, saat menyampaikan materi dalam Webinar Literasi untuk Kesejahteraan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, Senin (15/11/2021), Gubernur Khofifah mendorong setiap perpustakaan mempunyai inovasi digital. 

"Saat ini zaman sudah berubah dari dulunya kesulitan mencari informasi, sekarang ini kesulitannya adalah memilih dan memilah informasi," tegas Khofifah. 

Baca juga: Aldebaran Melihat Iqbal, Tapi Andin Mengeluh Sakit, Simak Ikatan Cinta Senin 15 November 2021

Di era keberlimpahan informasi saat ini, menurutnya perpustakaan harus terus berinovasi secara digital, karena di era ini perpustakaan tidak hanya sekedar membudayakan gemar membaca, tapi juga diharapkan meningkatkan literasi digital. 

Kini, perkembangan teknologi memungkinkan setiap orang bisa mengakses dan mendapatkan informasi dari manapun. Meski banyak dampak baik, tapi hal ini juga memiliki dampak kurang baik, dimana informasi yang tidak terukur tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Untuk itu, kata dia, kemampuan literasi yang harus dimiliki masyarakat adalah mampu memilih dan memilah informasi. Kemampuan ini, lanjutnya, bisa dilatih dengan kebiasaan membaca. Dan ini menjadi salah satu peran penting perpustakaan.

Saat ini, kata Khofifah, Perpustakaan Jawa Timur sendiri mengembangkan sejumlah inovasi untuk meningkatkan literasi masyarakat. 

Diantaranya, menghadirkan layanan peminjaman dan pengembalian dengan konsep drive thru. Perpustakaan Jawa Timur juga bisa diakses secara digital melalui aplikasi DJatim yang dapat diunduh di Playstore. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved