Breaking News:

Berita Sampang

Meningkat Pesat Produksi Tembakau di Tahun 2021 Bikin Petani Jadi Bersemangat

Sesuai dari data yang dimiliki Dinas dan Ketahanan Pangan setempat, produksi tembakau 2020 hanya 1.922 ton, sedangkan 2021 mencapai 3.41 ton

Editor: Samsul Arifin
TribunMadura.com/Hanggara Pratama
Petani tembakau di Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Madura. 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Hanggara Pratama

TRIBUNMADURA.COM, SAMPANG - Produksi tembakau rakyat di Kabupaten Sampang, Madura meningkat begitu pesat pada musim tanam 2021, bahkan mencapai dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya (2020).

Sesuai dari data yang dimiliki Dinas dan Ketahanan Pangan (Disperta KP) setempat, produksi tembakau 2020 hanya 1.922 ton, sedangkan 2021 mencapai 3.410 ton.

Kepala Bidang (Kabid) Disperta KP Sampang, Nurul Hayati mengatakan, bahwa faktor yang paling berpengaruh atas meningkatkatnya produksi tembakau merupakan semangat menggebu-gebu dari para petani di Kota Bahari.

Menurutnya, antusias petani di Sampang pada musim tanam tahun ini kembali meningkat setelah kondisi pandemi Covid-19 dinilai mulai mereda.

Sebab, harga tembakau yang sebelumnya merosot turun tahun ini kembali beranjak normal.

Baca juga: Hasil Penelitian Menyebut Bahwa Tembakau Bisa Basmi Nyamuk Penyebab Demam Berdarah, Begini Caranya

"Pandemi Covid-19 cukup tinggi pada musim tanam 2020, jadi berdampak pada harga jual tembakau yang tidak sesuai dengan biaya produksi," terang Nurul Hayati.

Maka dari itu, menurutnya petani malas untuk menanam tembakau dan memilih produksi tanaman tani lainnya.

"Ada juga satu lahan milik petani di bagi dua, artinya separuh menanam tembakau, separuhnya lagi menanam tanaman lain karena khawatir merugi," ucapnya.

Pihaknya memprediksi, jika musim tanam tahun selanjutnya akan lebih meningkat, yang terpenting kondisi pandemi terus membaik atau sudah tidak mewabah di Indonesia, termasuk Kabupaten Sampang.

"Pokoknya tergantung harga jual tembakau, karena petani tidak mau jatuh rugi," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved