Breaking News:

Kucing Tidak Nafsu Makan, Coba 5 Langkah Ini Untuk Pulihkan Nafsu Makannya

Untuk mengembalikan nafsu makannya banyak hal yang bisa kamu lakukan, adalah beberapa hal yang bisa dilakukan

Editor: Samsul Arifin
Youtube/SuriNoel
hewan peliharaan kucing 

TRIBUNMADURA.COM - Kucing peliharaan tidak nafsu makan tentu membuat pecinta kucing bingung. Selain itu tidak ada asupan makanan maka rentan terserang penyakit

Untuk mengembalikan nafsu makannya banyak hal yang bisa kamu lakukan. Melansir melalui Kompas.com dari Preventive Vet, Sabtu (4/12/2021), berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat kucing peliharaan mogok makan.

1. Kenali karakter kucing peliharaan

Meskipun berasal dari ras yang sama, kucing peliharaan memiliki karakter yang berbeda-beda. Jika kucing peliharaan termasuk kucing yang suka menghabiskan waktunya sendiri, sebaiknya jangan tempatkan wadah makanannya bersama dengan kucing lainnya. Tempatkan wadah makanan di lokasi yang jarang dilewati orang dan hewan peliharaan lainnya. Begitu pula dengan kucing yang suka bersosialisasi, ia tentu tidak nyaman jika harus makan sendirian.

Baca juga: Ini Sebab Kucing Peliharaan Anda Mengeong Bila Diajak Bicara Ada 6 Hal yang Perlu Disimak

Jika kucing dengan karakter ini tidak mau makan, sebaiknya temani dan usap punggungnya saat ia makan. Ini akan membuatnya lebih bahagia dan tidak merasa kesepian.

2. Coba gunakan wadah makanan yang berbeda

Meskipun terlihat sepele, pemilihan wadah makanan sangatlah penting dan mempengaruhi nafsu makan kucing. Jika kucing mu berbadan besar dengan kumis yang lebat, sebaiknya pilih mangkok makanan yang lebar agar kucing tidak kesulitan saat makan. Gunakan wadah makanan berbahan aluminium anti karat, keramik ataupun kaca. Tiga jenis wadah makanan tersebut tak hanya tahan lama, namun juga mudah dibersihkan. Hindari menggunakan wadah makanan berbahan plastik karena dapat menampung bakteri saat permukaannya tergores. Ini tentu akan menimbulkan masalah bagi kesehatan kucing.

3. Menyuapi Kucing

Jika kucingmu masih tidak mau makan, jangan putus asa! Mungkin dengan cara menyuapinya nafsu makan kucing akan kembali. Kamu bisa meletakkan makanan basah di tanganmu, dan suapi dengan perlahan. Jangan terlalu memaksakan karena ini bisa membuat kucing semakin enggan untuk makan. Untuk makanan kering, cukup taruh makanan di tangan seperti mangkok. Namun jika kucing hanya mau makan jika disuapi dan ini berlangsung untuk jangka panjang, sebaiknya segera periksaan kondisinya ke dokter hewan.

Baca juga: Mengenal Fungsi Kumis pada Kucing yang Sangat Penting, Sebaiknya Jangan Dipotong atau Dipangkas Ya

4. Berikan Jadwal makan

Kita cenderung suka memberikan makanan lebih untuk kucing dan membiarkan makanan tersisa di mangkok makannya. Hal ini membuat kucing sering ngemil dan tidak pernah merasa terlalu lapar. Sebaiknya beri kucing peliharaan makan 2 sampai 3 kali sehari dengan jangka waktu tertentu sehingga mereka benar2 lapar dan menghabiskan makanannya.

5. Berikan makanan yang segar

Indera perasa dan penciuman kucing memiliki peranan penting, begitu pula saat mereka makan. Kucing tidak menyukai sisa makanan ataupun makanan yang sudah dibiarkan terlalu lama. Saat makanan terlalu lama dibiarkan terbuka, rasa dan aroma nya akan hilang. Sebaiknya simpan makanan kering maupun basah dengan baik, selain agar tetap segar makanan juga lebih sehat karena tidak ada kontaminasi bakteri di dalamnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved